FILM INDONESIA

Hadapi Kritik Terhadap Karyanya, Joko Anwar Mengaku Tak Mau Sakit Hati

Jum'at, 30 Agustus 2019 15:12 Penulis: Rezka Aulia

© KapanLagi.com/Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Joko Anwar baru saja merilis karya terbarunya yang bertajuk GUNDALA. Film mengenai jagoan asli Indonesia ini bakal menjadi film pertama dari Jagat Sinema Bumilangit. Nantinya akan banyak lagi film mengenai sepak terjang para jagoan asli Indonesia.

Film yang resmi tayang di bioskop mulai 29 Agustu 2019 ini telah dinanti banyak pecinta film tanah air. Hari kedua penayangan telah cukup banyak review di sosial media. Baik buruknya review ini nampaknya gak bakal membuat Joko Anwar terganggu.

 

1. Tak Mau Sakit Hati

"Gue ga pernah terganggu kalau diejek apa pun. Kritik ga boleh diambil personal, gue hanya mengizinkan diri gue marah atau sakit hati dalam lima menit," ujar Joko Anwar dalam wawancara di kanal Youtube Soleh Solihun.

Sineas yang memiliki gelar sarjana Penerbangan dan Antariksa ini punya cara tersendiri menghadapi kritik. Baginya sakit hati terlalu dalam atas kritik untuk karyanya bisa membuat dirinya merugi.

"Misal ada orang kritik karya lo terus lo sakit hati menahun itu bodoh banget. Karena yang mengkritik itu abis mengkritik ya dia lupa, eh lo masih sakit hati," lanjut Joko Anwar.

2. Belajar Dari Kesalahan

Meski mengaku tak ambil pusing masalah kritik, namun Joko Anwar tetap terus belajar untuk perkembangan filmnya. Ia mengakuui berusaha melihat dan mempelajari kesalahan sineas lain.

"Misal nonton film (dan gue ngerasa) jelek, gue bakal belajar dari kesalahan si film maker. Sebagai kreator seni kita ga mungkin mengikuti kebaikan seniman karena kita bukan dia. Kita bisa belajar dari kesalahan mereka, tapi kita gak bisa ngikutin kehebatan mereka," pungkasnya.

 

3. Simak Videonya


REKOMENDASI
TRENDING