'JERITAN DANAU TERLARANG' Reka Ulang Tragedi Situ Gintung

Rabu, 06 Maret 2013 12:26 Penulis: Mahardi Eka
'JERITAN DANAU TERLARANG' Reka Ulang Tragedi Situ Gintung dok. KapanLagi.comŪ
Kapanlagi.com - Masih ingat dengan tragedi jebolnya tanggul danau Situ Gintung yang terjadi 26 Maret 2009? Kejadian itulah yang mengilhami lahirnya film JERITAN DANAU TERLARANG yang akan tayang 7 Maret 2013. Rumah produksi K2K Production mereka ulang adegan tragedi tersebut dalam film yang dibintangi Cinta Penelope.

"Kita memang berusaha memberi gambaran kepada penonton untuk menekankan bahwa cerita mistis yang kami angkat untuk film JERITAN DANAU TERLARANG ini memang berasal dari cerita nyata. Memang cerita horornya dikembangkan pada isu yang terjadi di masyarakat. Tapi untuk kejadian nyatanya kami berusaha membuat reka ulang sedekat mungkin dengan kejadian aslinya," ujar KK Dheraaj kepada KapanLagi.comŪ melalui telepon seluler, Rabu (6/2).

Adegan reka ulang musibah Situ Gintung dalam filmAdegan reka ulang musibah Situ Gintung dalam film

Selain adegan jebolnya tanggul, upaya penutupan tanggul yang jebol juga dibuat reka ulang. "Untuk menguatkan ceritanya," terangnya. Film ini menceritakan sosok bernama Nyi Mas Melati dan fenomena buaya putih di Situ gintung yang berkembang di masyarakat setelah jebolnya tanggul Situ Gintung.

Adegan reka ulang musibah Situ Gintung dalam filmAdegan reka ulang musibah Situ Gintung dalam film

Pemilihan tayang bulan Maret, menurut Dheraaj, juga ditujukan agar masyarakat kembali waspada dan menjaga lingkungan mereka dengan seksama. "Kebetulan kan ini penayangannya tepat empat tahun setelah kejadian. Kita jangan sampai lupa, jadi tidak peduli lagi dengan alam. Kalau alam mengamuk kan kita tidak bisa apa-apa," katanya.

(kpl/uji/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING