FILM INDONESIA

Kesulitan Remake 'DI BALIK KELAMBU', Cikal Bakal Dibuatnya Film 'BIDADARI MENCARI SAYAP'

Senin, 05 Oktober 2020 19:42

Citra Sinema

Kapanlagi.com - Jumat pekan lalu (2/10/2020) dirilislah film BIDADARI MENCARI SAYAP di layanan streaming Disney+ Hotstar. Drama besutan Aria Kusumadewa tersebut mempertemukan Leony VH dengan Rizki Hanggono untuk pertama kalinya dalam satu layar.

Film yang diproduseri oleh Deddy Mizwar di bawah bendera Citra Sinema ini menyorot pernikahan Angela dan Reza yang berlandaskan perbedaan etnis antara Chinese dan Arab. Belum lagi dibumbui oleh tuntutan dari orangtua masing-masing.

1. Kesulitan Remake

Deddy Mizwar mengungkap bila awalnya ia berencana me-remake film DI BALIK KELAMBU garapan Teguh Karya yang meraih enam Piala Citra pada FFI tahun 1983. Namun karena menemui kendala dalam prosesnya, akhirnya Arya Kusumadewa membawa konsep yang sama namun dengan perbedaan perspektif.

"Dari proses kreatif saya sama Arya ngobrol mau remake film Teguh Karya DI BALIK KELAMBU. Kemudian proses agak susah. Karena sulit, ketemulah ide ini dari perspektif yang lain. Menurut saya sangat menarik pernikahan antar etnis, kepercayaan yang tadinya berbeda. Persiapannya pun cepat," kata Deddy dalam virtual conference via Zoom, pada pekan lalu.

2. Film Pop Pertama Aria Kusumadewa

Aria Kusumadewa sendiri membuat skenario film ini hanya satu bulan dan langsung mendapat ACC untuk diproduksi oleh Deddy Mizwar tanpa banyak revisi. Pria yang akrab dipanggil To Chang tersebut menyatakan bila ini BIDADARI MENCARI SAYAP jadi filmnya yang paling pop juga komersil dibanding karya-karyanya yang lain.

"Ini film pop pertama saya. Saya nggak pernah bikin drama mengharu biru seperti ini, tetapi saya coba. Karena mungkin Pak Deddy juga sudah bosan sama cerita saya yang terlalu nggak laku kalau di mainstream. (Lewat film ini) saya mengungkap bukan tetang perkawinan itu sendiri, karena menurut dari pengalaman empirik ada petaka tak terlihat dan saya ingin membuka penyebab petaka," tandas Aria dalam sesi yang sama.

(kpl/abs/frs)


REKOMENDASI
TRENDING