FILM INDONESIA

Lukman Sardi Menjelma Jadi Penyair Amir Hamzah dalam 'Nyanyi Sunyi Revolusi'

Senin, 14 Januari 2019 10:07 Penulis: Mita Anandayu

Lukman Sardi (credit: KLY KapanLagi Youniverse/Bambang E Ros)

Kapanlagi.com - Lukman Sardi, aktor dan sineas yang lama melakoni seni peran kini tengah jatuh cinta pada dunia teater dengan seni pertunjukannya. Peran terbarunya dalam dunia teater adalah menjadi sosok Amir Hamzah, seorang sastrawan dan Pahlawan Nasional yang sajak dan puisinya menurut Lukman begitu emosional dan kompleks.

“Seperti bagaimana naskah ini ditampilkan dengan begitu sunyi, tapi disampaikan melalui suara dari panggung yang keluar, tanpa menghilangkan sense of art itu sendiri, itu kesulitannya,” ujar Lukman.

1. Banyak Belajar Hal Baru

Hal ini diakui Lukman Sardi pada jumpa pers pementasan teater Nyanyi Sunyi Revolusi, sabtu (12/1/2019) di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta. Untuk itu dirinya melakukan riset dengan membaca buku yang menulis tentang Amir Hamzah.

“Dari situ aku belajar banyak hal baru, terutama soal cinta, rasa, dan memaafkan, bagaimana hal itu bisa membuat segalanya menjadi jauh lebih baik lagi,” tuturnya.

2. Digelar Bulan Februari

Pertunjukan berkisah tentang hubungan Amir Hamzah dengan percintaan terhadap manusia dan negaranya. Mulai saat Amir menempuh pendidikan di Solo, pernikahan, hingga saat revolusi kemerdekaan di daerah Langkat.

Nyanyi Sunyi Revolusi dalam pertunjukan teater akan digelar di Gedung Kesenian Jakarta, pada 2-3 Februari 2019 mendatang dengan diprakarsai Titimangsa Foundation dan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation.

Disutradarai Iswadi Pratama (sutradara Teater Satu Lampung), pementasan ini juga dimainkan Prisia Nasution sebagai Tengku Tahura, Sri Qadariatin sebagai Iliek Sundari, dan Dessy Susanti sebagai Tengku Kamaliah.

(kpl/bam/mit)

Reporter: Bambang


REKOMENDASI
TRENDING