Maudy Koesnaedi Lestarikan Silat Betawi Lewat Teater Abnon

Sabtu, 24 Oktober 2015 19:15 Penulis: Nadia Adibie
Maudy Koesnaedi Lestarikan Silat Betawi Lewat Teater Abnon Tetaer Abang None Jakarta. ©KapanLagi.com®/BayuHerdianto
Kapanlagi.com - Teater Abang None Jakarta bekerja sama dengan Djarum Apresiasi Budaya kembali menggelar sebuah sandiwara bertajuk Jawara Langgam Hati dari Marunda. Pada pertunjukkan kali ini Teater Abang None Jakarta yang diprakarsai oleh Maudy Koesnaedi mengangkat silat Betawi.

"Dalam setiap pementasan Teater Abang None Jakarta selalu mengangkat budaya Betawi dari sisi berbeda. Kali ini, saya bersama Abang None  Jakarta yang tergabung dalam Teater Abang None Jakarta kembali memperkenalkan silat Betawi, yang merupakan salah satu warisan budaya bangsa," ungkap Maudy saat ditemui di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Jakarta Pusat, Jum'at (23/10) malam.

Maudy Koesnaedi prakarsai tetaer Abang None Jakarta. ©KapanLagi.com®/Bayu HerdiyantoMaudy Koesnaedi prakarsai tetaer Abang None Jakarta. ©KapanLagi.com®/Bayu Herdiyanto

Pada produksi kali ini, Teater Abang None Jakarta menceritakan perjalanan Asni, yang dituduh merampok rumah Babah Yong. Asni pun melakukan perjalanan mencari siapa yang sebenarnya merampok Babah Yong. Setelah melewati perjalanan panjang tibalah Asni di Marunda. Singkat cerita Asni bertemu dengan sang perampok dalam sebuah sayembara yang digelar oleh jawara silat bernama Bang Bodong yang sedang mencari jodoh untuk anaknya, Mirah.

Pertunjukkan yang bakal dibuka untuk umum pada 24-25 Oktober ini didukung penuh oleh Djarum Apresiasi Budaya. Pasalnya, menurut Renitasari Adrian selaku Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, gelaran ini menunjukkan gimana generasi muda ini konsisten dalam mempertahankan dan mengedepankan budaya Betawi di tengah derasnya budaya modern yang masuk.

"Kami sangat mendukung niat dan upaya generasi muda yang tergabung dalam Teater Abang None Jakarta ini di dalam pementasan ini," kata Renitasari.

Dalam lakon ini para pemeran dibekali ilmu silat oleh seorang pewaris asli kebudayaan Betawi, yaitu Atien Kisam, atau yang lebih akrab disapa Bang Atien. Selain itu mereka juga berkolaborasi dengan tiga perguruan besar silat Betawi, yaitu Sabeni Tenabang, Harimau Belut Putih, Pusaka Jakarta.

(kpl/pur/nad)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING