FILM INDONESIA

Sutradara Film Pendek 'MAKMUM' Sempat Ragu Karyanya Diangkat ke Layar Lebar

Senin, 15 Juli 2019 21:38 Penulis: Dhimas Nugraha

Jumpa Pers film Makmum karya Riza Pahlevi credit: ©instagram.com/deecompany_official

Kapanlagi.com - Film pendek MAKMUM garapan Riza Pahlevi meraih banyak penghargaan saat diikutkan ke berbagai festival bergengsi baik di luar maupun dalam negeri. Hal ini menarik minat produser Dheeraj Kalwani untuk menjadikannya sajian layar lebar.

Namun usaha Dheeraj bersama rumah produksi miliknya yaitu Dee Company rupanya tidak mudah. Karena Riza diakui sempat ragu saat pertama kali mendengar gagasan tersebut.

"Saya bertemu Riza satu tahun lalu dan mengatakan ketertarikan membuat film panjang MAKMUM. Awalnya dia ragu, tapi setelah beberapa kali ketemu akhirnya dia setuju mengembangkan film ini dari durasi tujuh menit ke 90 menit," kata Dheeraj saat peluncuran trailer MAKMUM di Metropole XXI, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2019).

 

1. Banyak Pengembangan

Tentunya banyak pengembangan dilakukan Riza Pahlevi yang kebagian jatah menulis skenarionya bersama Alim Sudio. Meski begitu tetap ada 'roh' dalam film pendeknya tampil di versi layar lebar.

"Bikin cerita versi panjang dari film pendek nggak mudah, antara mau dibikin awalnya atau malah dibikin bener-bener baru. Di MAKMUM ini kami yang menulis skrip berusaha bikin roh film pendek tetap ada. Jadi adegan di film pendek tetap ada, tapi diimprovisasi," bocor Riza ditemui di tempat yang sama.

2. Tak Jadi Sutradara

Meski menjadi sutradara di versi film pendeknya, Riza Pahlevi tak terlibat di penyutradaraan layar lebar. Ia memercayakan pada Hadrah Daeng Ratu yang diakui memiliki kesamaan visi dan misi.

"Film pendek syuting satu hari, sementara layar lebar 24 hari. Pastinya Riza butuh orang yang bisa handle itu. Riza kebetulan cocok dengan Hadrah," ucap Dheeraj.

Riza menambahkan, "Saya bersyukur bertemu Bu Hadrah karena isi otaknya sama dengan saya, jadi ketika brainstorming enak," tandasnya

(kpl/abs/dim)

Reporter: Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING