Tampilkan Bencana di Jakarta, Film 'BANGKIT' Ogah Kritik Sosial

Kamis, 02 Juni 2016 13:24 Penulis: Arai Amelya
Tampilkan Bencana di Jakarta, Film 'BANGKIT' Ogah Kritik Sosial Poster film BANGKIT!
Kapanlagi.com - Kesuksesan film ADA APA DENGAN CINTA 2 dan MY STUPID BOSS yang sudah menembus 2,5 juta penonton membuat insan perfilman Indonesia percaya diri. Sutradara Rako Prijanto pun membuat gebrakan dengan merilis film bertema bencana berjudul BANGKIT!.

Menghabiskan biaya mencapai 12 miliar rupiah, BANGKIT! bisa saja menjadi film berbujet produksi paling fantastis di Indonesia. Siap dirilis pada 28 Juli mendatang, apa yang membuat Rako masih menyimpan sesuatu yang mengganjal dari BANGKIT! ini?

"Kalau menurut saya sebenarnya waktu sih. Waktu dan manusia yang nggak pernah puas. Ketika kita nggak dapet yang dimau, ya terus-menerus revisi. Contohnya waktu melihat kuda, jangan dianggap itu sapi lah ya. Intinya dari visual effect atau CGI itu kan gimana kuda itu terlihat keren. Sama berikutnya ya kendala utamanya dari waktu itu," ungkap Rako.

Poster film BANGKIT! Siap rilis 28 Juli 2016Poster film BANGKIT! Siap rilis 28 Juli 2016

Dijumpai di hotel Majapahit, Surabaya pada Jumat (27/5) pekan lalu, Rako rupanya sengaja tak memasukkan kritik sosial. Mantan asisten sutradara Rudi Soedjarwo dan Riri Riza ini menilai jika BANGKIT! adalah film peristiwa. Selain itu dirinya juga ingin menjaga simbol sosial supaya tidak tampak dilecehkan.

"Jadi menurut kami nggak sampai tahap kritik sosial gitu sih. Kalaupun perubahan ya aturannya harus dirubah itu mungkin bisa. Tapi kita ngebangun film ini bukan dari musibah atau peristiwanya, lebih ketika rasa shock itu muncul. Justru pesan moralnya adalah hubungan dengan keluarga, gimana kita mementingkan keluarga," ungkap Rako.

Dibintangi oleh Vino G Bastian dan Acha Septriasa, BANGKIT! sendiri menggambarkan kondisi ibukota Jakarta yang terkena dampak badai musim dingin di Asia dan badai musim panas di Australia. Hal ini membuat curah hujan sangat tinggi sehingga bendungan Katulampa dan Manggarai mampu menenggelamkan Jakarta.

(kpl/pur/aia)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING