Vino G Bastian Dapatkan Banyak Pelajaran Dari Mendiang Chrisye

Sabtu, 04 Februari 2017 14:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Vino G Bastian Dapatkan Banyak Pelajaran Dari Mendiang Chrisye Vino G Bastian/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Sukses perankan Kasino Hadiwibowo, anggota Warkop DKI dalam WARKOP DKI REBORN: JANGKRIK BOSS PART 1, Vino disibukkan dengan pendalaman karakter untuk film terbarunya di mana ia diplot untuk memerankan legenda musik tanah air, Chrisye

Film yang masih belum terkuak judulnya ini, suami Marsha Timothy ini mengakui banyak melakukan riset akan sosok musisi yang meninggal pada 2008 silam karena kanker. Hal ini ia lakukan karena Chrisye adalah salah satu artis yang tak ingin kehidupan pribadinya dikorek-korek. Maklum, film ini nantinya akan menyibak bagaimana kehidupan Chrisye di belakang panggung.

"(Untuk riset) Saya bertemu dengan beberapa kurator dan teman-temannya almarhum Chrisye yang kebetulan di film ini juga ada. Chrisye ini adalah satu dari sekian banyak artis yang nggak mau dibahas tentang kehidupan pribadinya. Yang ada, cuma dia di atas panggung dengan gaya patah-patahnya. Yang pengin kita lihat, di balik layar, kita harus tahu. Itu yang jadi PR. Bukan saya aja. Tetapi semuanya. Jadi cuma sedikit sekali yang punya dokumentasi tentang Chrisye," tuturnya saat dijumpai di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Rabu (1/2).

Vino banyak riset karena Chrisye adalah pribadi yang tertutup/©KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoVino banyak riset karena Chrisye adalah pribadi yang tertutup/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Namun, Vino tak mau menjelaskan lebih dalam bagaimana caranya mendalami sosok Chrisye. "Ini kan penggalan hidupnya, bukan dia dari lahir. Tapi saat dia menulis lagu, itu ada lirik-lirik yang dibuat, itu sangat berhubungan dengan kondisi dia saat itu. Kita gak bisa buka itu di sini. Karena itu bagian dari film," lanjutnya.

Sebagai gantinya, ia menggambarkan sosok Chrisye setelah dirinya melakukan beragam riset untuk pendalaman karakter. Menurutnya, ia adalah salah satu musisi yang introvert sehingga tak ada yang tahu bagaimana kehidupannya sebagai seorang suami dan ayah.

"Dia orang yang banyak dicintai. Banyak yang mensupport dia. Kesulitannya saya sebagai aktor adalah dia itu orangnya introvert. Dia gak pernah cerita pada orang yang gak dia percaya. Ketika dia di panggung dan pas dia turun itu berbeda banget. Seperti apa? Gak tahu. Gak ada bukti otentiknya. Dia itu kalau berbicara seperlunya aja. Ketika dia mengeluarkan lagu, seolah-olah itulah yang ada di pikiran dan hatinya dia," ungkapnya.

Lewat film yang akan mulai syuting pada 7 Februari inilah Vino mendapatkan banyak pelajaran dari sosok Chrisye, terutama dalam hal berbicara. Ia salut atas kehati-hatiannya berbicara apalagi di depan media.

Vino belajar banyak dari Chrisye/©KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoVino belajar banyak dari Chrisye/©KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

"Dia seorang yang sangat hati-hati. Jangankan mengambil keputusan, ketika dia ngomong itu dipikirin banget. Kalau temen-temen lihat, gak ada satu wawancara yang dia lakuin secara mulus. Karena dia kebanyakan diemnya. Dia pikirin, akhirnya ngomongnya cuma sedikit. Gak ada satu pun yang pernah berhasil untuk mengorek sisi keluarganya dari mulutnya dia. Ya itu sih, dia sangat protektif pada keluarganya, sangat introvert, jadi orang banyak gak kenal dia," bebernya.

Demi keperluan syuting dan promo, Vino dan para kru melakukan ziarah ke makam Chrisye. Tapi ini bukanlah pertama kalinya Vino pergi ke makam sang legenda. "Sebelumnya saya sudah pernah nyekarnya. Cuma saya gak terlalu seneng diekspos gitu. Tapi kalau tadi kayak bagian dari ceremony aja ya. Buat promosi juga," tutupnya.

(kpl/aal/tch)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING