FILM INDONESIA

Viral Pada 2019, Kisah Cinta Menyentuh Hati Alan Tito dan Daslina Sombi Dijadikan Sumber Film 'UNTIL TOMORROW'

Minggu, 28 Agustus 2022 21:05

Film UNTIL TOMORROW (credit: Kapanlagi.com/Adi Abbas Nugroho)

Kapanlagi.com - Pada 2019 lalu viral di sosial media seorang pria asal Sulawesi Tenggara bernama Alan Tito yang ditinggal sang istri pergi untuk selama-lamanya tiga jam setelah menikah. Kisah menyayat hati tersebut dijadikan film berjudul UNTIL TOMORROW dengan bintang Deva Mahenra dan Clara Bernadeth.

Film drama romansa besutan Hadrah Daeng Ratu ini sudah menjalani proses syuting pada 2021 lalu. Sembari menunggu perilisan di bioskop yang maju mundur berkaitan dengan situasi pandemi, diadakan syuting ulang untuk beberapa adegan.

"Film ini syuting di masa pandemi, mau rilis juga maju mundur karena kebijakan kapasitas bioskop. Sampai akhirnya kita sempat re-take beberapa bagian setelah melihat editing. Kendala waktu itu apakah talentnya bisa, ternyata masih bisa," kata Oswin Bonifanz selaku produser ditemui di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (28/8/2022).

1. Hanya Mengambil Cerita

Meski berdasar kisah nyata Alan Tito dan Daslina Sombi, Oswin Bonifanz hanya memakai cerita hidup pasanhan tersebut. Sementara untuk nama karakter sengaja diubah menjadi Haka dan Sarah.

"Perlu saya jelaskan bila film ini bukan film autobiografi Alan dan istri (Daslina Sombi) semasa pacaran. Kita hanya ambil ceritanya, lalu namanya kita ganti. Untuk pergantian nama kita sudah diskusi sama Mas Alan," ucap Oswin.

2. Menghargai Privasi Keluarga

Perubahan nama dari Alan Tito dan Daslina Sombi menjadi Haka dan Sarah bukan tanpa alasan. Rupanya untuk melindungi privasi keluarga dan mengurangi menjadi bahan perbandingan.

"Perubahan nama lebih untuk menghargai privasi keluarga dan takut dibanding-bandingkan. Kita nggak mau namanya disamakan supaya tidak ada perbandingan di film dengan karakter aslinya. Di aslinya berhijab, di film tidak," papar Oswin.

3. Menjadi Amal Jariyah

Sementara itu Alan Tito mengungkap alasan menyetujui kisahnya diadaptasi ke film supaya bisa menjadi inspirasi banyak orang. Dan menjadi amal jariyah bagi almarhumah istri.

"Saya berharap film ini jadi manfaat banyak orang, inspirasi banyak orang. Semoga menjadi amal jariyah untuk istri saya juga. Yang memiliki kisah serupa pasti bukan cuma saya, teman-teman sebelum saya pasti ada, semoga dengan kami berbagi cerita ini, teman-teman yang amit-amit memiliki masalah serupa punya gambaran dan insya allah bisa menghadapinya," tandas Alan Tito pada kesempatan.

REKOMENDASI
TRENDING