Detil Pembuatan Film 'GRAVITY' Yang Bikin Kamu Takjub

Kamis, 06 Maret 2014 12:51 Penulis: Mahardi Eka
Detil Pembuatan Film 'GRAVITY' Yang Bikin Kamu Takjub dok. istimewa
Kapanlagi.com - GRAVITY garapan Alfonso Cuaron menang besar di ajang Oscar 2014. Penghargaan yang didapatnya pada malam itu antara lain Best Visual Effect. Tak heran GRAVITY menyabet peran tersebut karena visualisasi yang ditampilkan dalam film begitu mantap. Visualisasi tersebut tak lain karena teknologi bernama lightbox.

"Yang diusung oleh lightbox sebenarnya adalah representasi dari vistual environment, sehingga para pemain bisa lebih fokus dalam berakting dibandingkan dengan menggunakan green screen biasa. Seperti, ada pesawat luar angkasa di depanmu, ada satelit menuju arahmu, dan para aktor bisa melihatnya di dalam lightbox. Sebenarnya, lightbox adalah sebuah wahana yang mengasikkan," papar Stuart Penn, supervisor CG. 

Film ini sebenarnya sangat mengandalkan VFX. Namun, Framestone berusaha untuk memproduksi versi maya teknologi yang mereka gunakan dalam dunia nyata. "Karena pengambilan gambar kami lakukan dari berbagai macam sudut dalam waktu yang cukup lama, maka kamu berusaha membuatnya lebih nyata." ujar Penn. "Jadi, bila light card dibutuhkan, kami memilih menggunakan virtual light card daripada menggunakan teknik-teknik sebelumnya."

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana Alfonso Cuaron menggarap visual effect itu dengan pihak Framestone. Jauh sebelum proses perfilman, menurut rencana, seluruh pengambilan gambar sebenarnya dilakukan dengan menggunakan versi animasi film tersebut. Dengan cara itu, pengambilan gambar akan dilaksanakan, sehingga tim CG bisa mendapatkan apapun yang mereka rencanakan di post-production.

"Kami benar-benar menghargai Alfonso dalam hal ini karena dia tetap pada rencana. Biasanya, sutradara suka mengganti-ngganti ide. Namun dia tetap pada rencana awal dan kami memberikan fleksibilitas untuk performa film tersebut," pungkasnya.

(dig/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING