Film 'BLACKHAT' Jeblok di Pasaran!

Selasa, 20 Januari 2015 19:57 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Film 'BLACKHAT' Jeblok di Pasaran! BLACKHAT / ©
Kapanlagi.com - Banyak pengamat film yang mengatakan jika bulan Januari ini menjadi 'tempat sampah' bagi film-film Hollywood. Ternyata BLACKHAT menjadi film yang masuk dalam tempat sampah itu! Thor pun tidak dapat menyelamatkannya.

Banyak kritikus memprediksi film ini akan sukses di pasaran karena disutradarai oleh Michael Mann dan dibintangi oleh aktor sekelas Chris Hemsworth. Namun, sayangnya film ini hanya mampu menghasilkan US$ 4.03 juta atau setara 52 miliar rupiah. Padahal BLACKHAT menghabiskan total budget hampir 20x lipat dari pendapatan di atas!

Masalahnya berada pada kompetitor utamanya, AMERICAN SNIPER. Menyusul nominasi Oscar yang diraihnya, total enam nominasi termasuk Best Picture dan Best Actor, film besutan Clint Eastwood yang dibintangi oleh Bradley Cooper berhasil memecahkan beberapa rekor box-office selama masa rilisnya. Tidak hanya debut terbesar bagi film Clint Eastwood, AMERICAN SNIPER yang menghasilkan pendapatan US$ 90,2 juta atau setara 117 triliun rupiah juga menjadi pendapatan terbesar sepanjang bulan Januari.

Selain masalah kompetitor, tema cyberterrorism juga dipandang kurang mengena di tengah maraknya kasus hacking yang menimpa perusahaan sebesar Sony. Akibatnya audiens berbondong-bondong memilih film bertema patriotik. Bradley Cooper menaikkan masa ototnya sebanyak hampir 20 kilogram demi memainkan peran Chris Kyle, yang disebut sebagai penembak jitu paling mematikan di Amerika Serikat. AMERICAN SNIPER diangkat dari buku yang ditulis Kyle dengan judul yang sama.

Selain AMERICAN SNIPER, BLACKHAT juga dihadang oleh film action kelas berat TAKEN 3 yang dibintangi Liam Neeson. Walaupun dibuka dengan hasil yang cukup mengecewakan, TAKEN 3 masih mengungguli film besutan Michael Mann dengan pemasukan yang jauh lebih besar. Film komedi yang dibintangi Kevin Hart, THE WEDDING RINGER, PADDINGTON, dan SELMA menempati lima besar box-office minggu ini.

Namun, BLACKHAT masih punya kesempatan untuk meraih lebih banyak penonton dalam beberapa minggu ke depan. Untungnya bagi Chris Hemsworth, film ini tidak akan menjadi 'kuburan' baginya karena ia masih akan tampil dalam film action superhero yang paling ditunggu THE AVENGERS: AGE OF ULTRON dan Moby Dick drama IN THE HEART OF THE SEA.

 

(cin/tch)


REKOMENDASI
TRENDING