FOTO: 3 Aktor yang Pecahkan Rekor Mengagumkan di Oscar 2017

Senin, 27 Februari 2017 11:10 Penulis: Fitrah Ardiyanti
FOTO: 3 Aktor yang Pecahkan Rekor Mengagumkan di Oscar 2017 Mahershala Ali - Meryl Streep - Viola Davis/©AFP

Kapanlagi.com - Congratulations for Mahershala Ali dan Viola Davis! Dua orang aktor dan aktris ini sedikit membuktikan bahwa Oscar tahun ini menjunjung tinggi diversity dan berusaha menghapus tudingan white-washing yang sangat kental terasa sejak tahun lalu.

Mahershala Ali memenangkan Best Actor in A Supporting Role atas perannya dalam film MOONLIGHT. Film arahan Barry Jenkins ini dibagi menjadi 3 bagian. Pada intinya, film yang juga berkompetisi di kategori Best Picture ini mengisahkan cerita kehidupan seorang anak lelaki Afro-America yang bernama Chiron.

Mahershala Ali meraih Best Supporting Actor/©AFPMahershala Ali meraih Best Supporting Actor/©AFP

Chiron berjuang mencari jati diri, dengan latar belakangnya yang merupakan anak broken home, besar di Drug War Era (1980-an), ibunya seorang pecandu narkoba dan merasakan cinta sesama jenis. Mahershala sendiri berperan sebagai ayah angkat Chiron yang menyelamatkannya dari bully-an teman-temannya.

Mahershala sebelumnya pernah bermain di beberapa film besar seperti THE CURIOUS CASE OF BENJAMIN BUTTON, MOCKINGJAY PART 1 & 2 sebagai Boggs dan FREE STATE OF JOHN bersama Matthew McConaughey. Lelaki 43 tahun ini memecahkan rekor sebagai aktor Muslim pertama yang dianugerahi Oscar oleh The Academy. 

Mahershala Ali pecahkan rekor Oscar tahun ini/©AFPMahershala Ali pecahkan rekor Oscar tahun ini/©AFP

Selain itu, Viola Davis juga mencetak hattrick dengan memenangkan tiga awards berturut-turut atas aktingnya sebagai Rose Maxson di film arahan Denzel Washington, FENCES. Pertama, ia memenangkan Golden Globes dalam kategori Best Supporting Actress, lalu menang di BAFTA dengan kategori yang sama, begitu juga pagi ini di Oscar.

Viola Davis cetak hattrick/©AFPViola Davis cetak hattrick/©AFP

Selain itu, wanita 51 tahun ini juga mencetak rekor baru sebagai aktris Afro-Amerika pertama yang meraih penghargaan Tony's Awards, Emmy's dan juga Oscar atau yang disebut Triple Crown. Betapa kerennya pemeran Amanda Waller di SUICIDE SQUAD ini!

Viola Davis mendapatkan Triple Crown/©AFPViola Davis mendapatkan Triple Crown/©AFP

Last but not least, ada Meryl Streep yang memecahkan rekor sebagai the most nominated actress sepanjang karirnya selama kurang lebih 4 dekade. Meryl sudah dinominasikan dalam Oscar sebanyak 20 kali dan tahun ini masuk dalam nominasi kategori Best Actress atas aktingnya di FLORENCE FOSTER JENKINS. Akankah ia mampu menang siang ini dan mengalahkan kandidat terkuat Emma Stone?

Meryl Streep jadi most nominated actress/©AFPMeryl Streep jadi most nominated actress/©AFP

(kpl/tch)


REKOMENDASI
TRENDING