Gara-Gara 'ALLEGIANT' Jeblok, Budget 'ASCENDANT' Harus Dipangkas

Rabu, 23 Maret 2016 16:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Gara-Gara 'ALLEGIANT' Jeblok, Budget 'ASCENDANT' Harus Dipangkas Allegiant/©Liosngate
Kapanlagi.com - THE DIVERGENT SERIES: ALLEGIANT sudah dirilis sejak 18 Maret silam. Namun sayang, penghasilan di tiga hari pertamanya jeblok, turun 44% dari film kedua, INSURGENT, yang dirilis tahun lalu. 

Gara-gara pendapatan yang menurun cukup drastis, pihak Lionsgate memutuskan untuk memotong budget film keempat dan final dari DIVERGENT SERIES yang berjudul ASCENDANT. Dilansir The Hollywood Reporter, Lionsgate merahasiakan berapa anggaran film yang akan dirilis tahun depan itu.

"Anggaran film selanjutnya akan dikurangi (dibandingkan dengan film sebelumnya)," ujar salah satu orang di divisi produksi Lionsgate. Budget ASCENDANT sendiri diperkirakan menghabiskan dana sebesar US$ 110 juta atau setara Rp 1,4 triliun. Jadi kini anggaran mereka akan disunat di bawah perkiraan itu.

Karena Allegiant jeblok, budget ASCENDANT dipangkas/©impawards.comKarena Allegiant jeblok, budget ASCENDANT dipangkas/©impawards.com

ALLEGIANT hanya mampu menghasilkan US$ 29 juta (Rp 382 M) di Amerika Serikat saja. Pendapatannya sangat kecil dibandingkan dua pendahulunya, INSURGENT (US$ 54 juta atau Rp 712 M) dan DIVERGENT (US$ 52 juta atau Rp 686 M).

Film ini adalah film final dari DIVERGENT SERIES bagian pertama, menceritakan petualangan Tris (Shailene Woodley) dan Four (Theo James) menguak misteri di balik tembok yang melingkupi tempat tinggal mereka. Namun, banyak kritikus yang menilai jika ALLEGIANT melenceng cukup jauh dari novelnya.

Sedangkan film final part 2 yang diberi judul ASCENDANT itu baru akan dirilis pada 9 Juni 2017, berbarengan dengan perilisan WORLD WAR Z 2 dan THE MUMMY. Lionsgate belum berencana untuk memindahkan tanggal tayang tersebut.

(holl/tch)


REKOMENDASI
TRENDING