Intip Rahasia di Balik Pembuatan Ultron Ala Tony Stark

Kamis, 05 Maret 2015 15:47 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Intip Rahasia di Balik Pembuatan Ultron Ala Tony Stark Robert Downey Jr./©Marvel Studios
Kapanlagi.com - Trailer THE AVENGERS: AGE OF ULTRON ketiga yang dirilis hari ini memang bikin para penggemar Marvel makin penasaran. Terutama tentang asal dari Ultron (James Spader) yang perkasa ini. Informasi yang selama ini tersebar adalah bahwa Ultron adalah hasil ciptaan Tony Stark alias Iron Man (Robert Downey Jr.), namun bagaimana ia menjadi robot gila yang menakuti kita sejak Oktober tahun lalu. Banyak yang berasumsi jika ini adalah kesalahan teknis namun bisa saji ini bukanlah human error tapi karena Infinity Stone.

Kembali ke tahun 2013, di mana ada rumor yang menyebutkan jika Infinity Stones akan memberikan Ultron perasaan layaknya manusia, terutama Soul Stone. Dalam trailer terbaru ini, teori ini makin terbukti kebenarannya. Di menit 1:15, terlihat Tony Stark sedang menggenggam tongkat kerajaan yang di sekuel sebelumnya dipegang oleh Loki (Tom Hiddleston). Banyak yang menebak jika itu bukanlah Soul Stone melainkan Mind Stone karena berwarna biru dan mampu mencuci otak siapapun. Namun, dalam komik dijelaskan bahwa Soul Stone atau Soul Gem juga dapat mempengaruhi manusia dan yang telah mati.

Si Ultron, pembantai umat manusia/©Marvel StudiosSi Ultron, pembantai umat manusia/©Marvel Studios

Kenapa sih Ultron harus ada? Alasan mengapa Tony Stark membuat The Ultron Program adalah ia ingin membuat robot yang bisa melindungi bumi menggantikan posisi The Avengers. Setelah menerima tongkat Loki tersebut bisa saja Tony ingin mempelajari bagaimana Infinity Stones itu bekerja, sama seperti ketika ayahnya ingin mempelajari Tesseract. Sayangnya hal ini menjadi bumerang baginya.

Thank to the stone! Ia hanya mengubah Ultron menjadi sebuah robot berperasaan. Namun karena prosesnya berjalan salah, Ultron akhirnya beranggapan jika satu-satunya jalan menyelamatkan bumi adalah dengan memusnahkan seluruh umat manusia. Hasilnya, maksud baik Tony menjaga perdamaian dunia karena runtuhnya S.H.I.E.L.D. Menjadi serba salah. The Avengers harus bekerjasama untuk menghancurkan seluruh pasukan Ultron di bumi. Seperti yang diungkapkan Thor (Chris Hemsworth) di trailer sebelumnya, Tony telah membuat sesuatu yang tak ia pahami.

Tony memang sama sekali tak tahu konsekuensi perbuatannya. Ia tak pernah menyangka jika ia telah mengubah Ultron menjadi sebuah mesin pembunuh. Seperti yang kita lihat di sekuel sebelumnya, tongkat Loki itu bahkan bisa mempengaruhi pikiran manusia walaupun Loki tak ada di sisinya. Nggak heran jika tongkat ini bisa 'berjalan-jalan' sendiri membangkitkan energi negatif selagi Tony dan kawan-kawan tak ada di tempat. Kok bisa gitu, ya? Well, dalam komik memang dijelaskan jika tongkat dan batu itu sebenarnya hidup.

Jika memang Infinity Stone menjadi yang bertanggungjawab terhadap perubahan Ultron, maka ini akan menambah clue dari sekuel selanjutnya, THE AVENGERS: INFINITY WAR, di mana Thano akan mengumpulkan semua batu dan Infinity Gauntlet. Nampaknya The Avengers diharuskan bersiap untuk menghadapi Mad Titan lewat pertempurannya dengan Ultron ini. Nantikan kelanjutannya pada 1 Mei mendatang.

(kpl/tch)


REKOMENDASI
TRENDING