Kontroversial! Ini Permintaan Rasis Sony Soal Pemeran Spider-Man

Jum'at, 26 Juni 2015 11:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Kontroversial! Ini Permintaan Rasis Sony Soal Pemeran Spider-Man Spider-Man/©Marvel
Kapanlagi.com - Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Marvel/Sony resmi mengumumkan pemeran Spider-Man baru pengganti Andrew Garfield. Tom Holland, aktor remaja berusia 19 tahun dari Inggris ini terpilih menjadi the next Peter Parker. Namun, ada sebuah fakta mengejutkan yang mendasari pemilihannya.

Dilansir Variety, isu rasisme ternyata ada di balik proses pemilihan ini sejak tahun 2011. Fakta ini diperoleh dari ribuan email Sony yang berhasil diretas oleh para hacker sejak akhir tahun lalu. Kemudian ribuan file ini diunggah di situs WikiLeaks. Salah satu di antaranya adalah email soal persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang pemeran Spider-Man.

Pada kontrak yang dibuat pada tahun 2011 ini, pihak Sony meminta sederet persyaratan yang harus dipenuhi. Di antaranya yang paling mengejutkan adalah, pemeran Peter Parker haruslah orang kulit putih! Satu lagi, sang aktor tidak boleh seorang homoseksual.

Tom Holland terpilih, pas dengan kriteria yang diajukan Sony/©SplashnewsTom Holland terpilih, pas dengan kriteria yang diajukan Sony/©Splashnews

Lebih lanjut, persyaratan ini meliputi: aktor tidak terlibat kekerasan dan tindak kriminal, tidak mengeluarkan kata-kata makian, tidak merokok, tidak memakai dan menjadi pengedar narkoba, bukan pecandu alkohol, tidak pernah berhubungan seks sebelum usia 16 tahun dan tidak berhubungan dengan lawan jenis yang berusia di bawah 16 tahun.

Hal ini dikarenakan karakter tokoh Peter Parker yang tergolong nerd dan pendiam. Karakter yang diciptakan Stan Lee pada tahun 1962 ini juga punya karakter yang harus dipatuhi. Peter Parker berasal dari Kaukasian dan berorientasi heteroseksual. Orang tuanya hilang entah ke mana, oleh karena itu ia dibesarkan oleh tante dan omnya di Queens, New York. Ia menjadi Spider-Man karena gigitan laba-laba, dan ia adalah desainer dari kostum merah-biru Spiderman.

Ketika Tom Holland terpilih, maka bisa jadi kriteria soal Spider-Man ini benar adanya. Sebab Tom memang berasal dari kalangan kulit putih dan tak berperilaku tercela. Begitu juga dengan Tobey Maguire dan Andrew Garfield, sama-sama dari ras kulit putih kan? Wah, rasis sekali ya kriterianya.

(var/tch)


REKOMENDASI
TRENDING