Penuh Kontroversi, 'SPOTLIGHT' Akhirnya Diputar di Vatikan

Selasa, 09 Februari 2016 15:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Penuh Kontroversi, 'SPOTLIGHT' Akhirnya Diputar di Vatikan Spotlight/©impawards.com
Kapanlagi.com - SPOTLIGHT adalah salah satu film yang banyak diperbincangkan sejak akhir tahun lalu. Film yang dibintangi oleh sederet bintang papan atas Hollywood mulai dari Michael Keaton, Rachel McAdams, Mark Ruffalo, Liev Schreiber, Stanley Tucci dan John Slattery ini memang cukup kontroversial.

Diilhami oleh kisah nyata, SPOTLIGHT mengisahkan cerita perjuangan investigasi empat jurnalis dari harian The Boston Globe untuk menguak kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang pastur di sebuah gereja Katolik di Boston, Amerika Serikat. Mirisnya, kasus ini pun ditutupi oleh beberapa uskup di sana.

Meski banyak kritikan yang dilayangkan kepada film arahan Tom McCarthy ini, SPOTLIGHT mampu masuk ke dalam deretan ajang penghargaan film bergengsi seperti Golden Globe dan Oscar 2016. Bahkan, mereka masuk dalam enam nominasi Oscar tahun ini!

SPOTLIIGHT akhirnya diputar di Vatikan/©impawards.comSPOTLIIGHT akhirnya diputar di Vatikan/©impawards.com

Dilansir Cinema Blend, Vatikan akhirnya menggelar screening SPOTLIGHT. Anggota The Pontifical Commission for the Protection Of Minors duduk bersama dan menikmati pemutaran film ini dalam agenda pertemuan yang mereka adakan selama tiga hari di Vatikan untuk membahasa soal pelecehan seksual di lingkungan gereja. Namun, mereka mengeluarkan statement jika screening ini bukan bersifat resmi.

Peter Saunders, anggota komisi yang dibentuk oleh Paus Francis pada 2014 silam, memuji SPOTLIGHT sebagai karya yang excellent. "Setiap orang katolik harus nonton," tuturnya.

Setelah tim Boston Globe menguak kasus ini, Kardinal Sean O'Malley langsung mengambil alih Boston dan mengontrol komisi tersebut, di mana para anggotanya terdiri dari orang-orang gereja dan para korban. Apakah Bapa Suci akan mengakhiri puasa menonton televisi dan film selama 20 tahunnya karena SPOTLIGHT ya?

(cin/tch)


REKOMENDASI
TRENDING