'SELMA' Mendunia, Bintang Kulit Hitam Absen di Oscar 2015

Jum'at, 16 Januari 2015 16:52 Penulis: Riswinanti Permatasari
'SELMA' Mendunia, Bintang Kulit Hitam Absen di Oscar 2015 Ilustrasi mashable.com
Kapanlagi.com - Daftar nominasi Oscar 2015 akhirnya diumumkan pada Kamis (15/1) lalu. Meski demikian, ada kenyataan mengejutkan yang terkuak dari deretan nama yang tertulis di sana. Apa yang terjadi?

Seperti diulas pada lama Hollywood Reporter, seluruh nama bintang yang masuk dalam daftar ternyata adalah orang kulit putih. Tentu saja, hal ini memicu berbagai kontroversi dari berbagai pihak.

Daftar ini dianggap rasis dan tidak masuk akal. Pasalnya, ada sejumlah bintang kulit hitam berbakat yang harusnya masuk nominasi, namun ternyata malah digantikan dengan orang lain yang dianggap kurang layak.

Poster 'SELMA' @ consortiumnews.comPoster 'SELMA' @ consortiumnews.com

Salah satu yang bintang yang 'ditendang' dari Oscar adalah David Oyelowo, yang berperan dalam SELMA. Perannya sebagai Martin Luther King Jr benar-benar menuai pujian, namun hal ini sama sekali tidak dihargai oleh panitia Oscar.

Memang bukan pertama kalinya hal semacam ini terjadi di ajang bergengsi macam ini. Tahun 2011, sekitar 20 nominator berasal dari kalangan kulit hitam sehingga menuai kritik dari berbagai pihak.

Jauh sebelumnya, hal yang sama juga sempat terjadi, tepatnya pada tahun 1998. Seperti yang terjadi saat ini, tak ada satu pun nominator yang berasal dari kalangan kulit hitam. Bagaimana pendapat kalian?

(hol/ris)


REKOMENDASI
TRENDING