Sinopsis 'DUNKIRK', Kisah Nyata Penyelamatan 400ribu Tentara Saat Perang Dunia

Selasa, 02 Januari 2018 13:30 Penulis: Mita Anandayu
Sinopsis 'DUNKIRK', Kisah Nyata Penyelamatan 400ribu Tentara Saat Perang Dunia Film Dunkirk (credit: Pieuvre.ca)

Kapanlagi.com - Bagi kamu pecinta film perang dan sejarah, Dunkirk jadi salah satu film yang bisa kamu jadikan daftar film yang bisa kamu tonton. Film yang tayang pada 20 Juli 2017 lalu ini merupakan film sejarah pertama karya sutradara Christopher Nolan, yang juga bertindak sebagai penulis naskah.

Dunkirk sendiri merupakan operasi militer yang terjadi di Dunkirk, Perancis. Operasi militer ini dikenal dengan nama The Battle of Dunkirk yang terjadi saat Perang Dunia ke-2 yaitu mulai 26 Mei hingga 4 Juni 1940.

Pada filmnya, diceritakan terdapat lebih dari 400 ribu tentara Inggris dan Perancing pada saat Perang Dunia ke-2 yang terlantar di Dunkirk. Mereka menantikan keajaiban adanya aksi penyelamatan atau sampai mereka mati.

Uniknya, dalam film ini dikisahkan dari tiga sudut pandang, yaitu The Mole (darat), The Sea (laut), dan The Air (udara). Masing-masing sudut juga memiliki rentang waktu yang berbeda satu sama lain, yaitu 1 minggu untuk di darat, 1 hari untuk di laut dan 1 jam untuk udara. Meski penonton bakal dibuat bingung dengan alur ceritanya, namun suasana tegang sejak awal film tentu bisa jadi menghipnotismu untuk menikmati film dan alurnya.

Sudut Pandang Darat (1 Minggu)

Dalam sudut pandang ini, diceritakan ada enam tentara yang berjalan di jalanan Dunkirk. Mereka menyusuri rumah-rumah yang ditinggalkan untuk mencari makanan. Sampai pada akhirnya lima orang tentara tertembak oleh tentara Jerman. Tommy yang diperankan oleh Fionn Whitehead pun harus bertahan hidup sendirian.

Fionn Whitehead (credit: youtube.com)Fionn Whitehead (credit: youtube.com)

Dalam perjalanannya untuk melindungi diri dari serangan bom yang dijatuhkan dari udara, ia melihat banyak tentara-tentara tewas tergeletak di jalanan dan pantai. Sampai pada akhirnya ia melihat Gibson (Aneurin Barnard) yang sedang mengubur tentara lain di pantai. Saat itulah Tommy membantu Gibson, dan perjalanan menyelamatkan diri mereka pun dimulai.

Agar bisa dievakuasi dari tempat mencekam tersebut, Tommy dan Gibson berpura-pura menjadi petugas medis saat mereka menemukan seorang tentara yang terluka. Dengan membawanya ke kapal, mereka pun juga bisa ikut terevakuasi. Namun sayangnya Tommy dan Gibson belum berhasil. Beruntung mereka bisa bersembunyi di balik batu pemecah ombak sampai kapal lain datang. Di tengah harapan Tommy dan Gibson menunggu kapal untuk dievakuasi, sayangnya kapal tersebut terkena serangan bom dari tentara Jerman dan tenggelam. Tommy dan Gibson pun berhasil menyelamatkan salah satu tentara bernama Alex (Harry Styles).

Tommy, Gibson dan Alex berjuang agar bisa dievakuasi (credit: youtube.com)Tommy, Gibson dan Alex berjuang agar bisa dievakuasi (credit: youtube.com)

Kisah mereka bertiga pun dimulai dengan bekerja sama untuk usaha penyelematan diri. Dalam waktu seminggu ketiga tentara ini berjuang untuk menyelamatkan diri agar bisa dievakuasi.

Sudut Pandang Laut (1 Hari)

Pengambilan angle di laut ini menceritakan tentang seorang marinir bernama Dawson (Mark Rylance) yang berlayar menggunakan kapal pribadinya bersama sang anak bernama Peter (Tom Glyne-Carney) yang ingin menyelamatkan para tentara. Dawson dan Peter membutuhkan waktu satu hari untuk bisa menyelamatkan para tentara.

Sudut Pandang Udara (1 Jam)

Sudut pandang yang ketiga merupakan cerita dari pilot Royal Air Force bernama Farrier (Tom Hardy) dan Collins (Jack Lowden) yang berjuang untuk mengalahkan pesawat tempur musuh. Sayangnya Farrier dilumpuhkan oleh Jerman sehingga Collins meninggalkannya dan berjuang sendiri. Dalam waktu sejam mereka terlibat pertempuran udara.

Cerita juga diambil dari sudut pandang udara (credit: youtube.com)Cerita juga diambil dari sudut pandang udara (credit: youtube.com)

Pada akhirnya, pesawat Collins kehabisan bahan bakar dan harus mendarat darurat di laut. Di sinilah ia bertemu Dawson dan Peter. Saat ini pulalah, para pemeran dari ketiga sudut pandang ini bertemu di laut. Lantas, bagaimana aksi penyelematan para tentara ini berakhir?

Selain Tom Hardy yang sudah dikenal dengan akting yang luar biasa, film Dunkirk merupakan film perdana bagi aktor Fionn Whitehead dan personil One Direction, Harry Styles. Namun tak disangka banyak komentar positif bagi kedua pemain yang memainkan peran mereka dengan sangat baik. Ditambah lagi dengan sentuhan scoring dari Hans Zimmer tentu saja film ini mampu membuat penonton ikut merasakan ketegangan.

Aksi penyelamatan 400 ribu tentara saat Perang Dunia ke-2 (credit: youtube.com)Aksi penyelamatan 400 ribu tentara saat Perang Dunia ke-2 (credit: youtube.com)

Film yang merupakan produksi dari empat negara yakni, Inggris, Amerika, Belanda dan Perancis ini juga masuk dalam nominasi beberapa ajang perfilman yang nantinya akan bersaing dengan film-film lain dalam beberapa kategori. Bagaimana KLovers, tertarik untuk menonton? Yang pastinya bisa kamu simpan dulu untuk daftar film yang harus kamu tonton nih ya.

(kpl/mit)

Editor:

Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING