FILM INTERNASIONAL

Sinopsis Film 'ROMA', Perempuan Tangguh Dan Keluarga

Kamis, 14 Februari 2019 09:24 Penulis: Editor KapanLagi.com

Yalitza Aparicio dan Marina de Tavia © Netflix

Kapanlagi.com - Pecinta film drama keluarga pastinya tahu ROMA. Film karya Alfonso Cuaron ini dirilis 2018. Alfonso menyebut ROMA sebagai proyek semi-autobiografi karena berlatar tahun 1970-an di Meksiko. Pasalnya, kondisi keluarga yang digambarkan tak jauh berbeda dengan keluarga Alfonso ketika tumbuh di kawasan Kota Meksiko. Disajikan dalam visual hitam dan putih dianggap sebagai pilihan tepat oleh Alfonso karena tak hanya efektif memberikan efek masa lalu, tapi juga jadi simbol kehidupan sederhana. Karakternya yang tak banyak bicara tapi mampu menyalurkan emosi mendalam melalui ekspresi.

Film ini diperankan oleh Yalitza Aparicio (Cleo) asisten rumah tangga, Marina de Tavira (Sofia) ibu rumah tangga, Fernando Grediaga (Antonio) suami Sofia sekaligus dokter, Veronica Garcia (Teresa) ibu Sofia. Kemudian, Nancy Garcia (Adela) pembantu sekaligus teman Cleo, Jorge Antonio  Guerrero (Fermin) pacar Cleo. Tiga anak muda antara lain Tono (Diego Cortina Autrey), Paco (Carlos Peralta), dan Sofi (Daniela Demes).

Roma mengangkat kisah perempuan bernama Cleo, seorang asisten rumah tangga di keluarga Sofia. Diceritakan juga Sofia dan suaminya, Antonio sering bersitegang. Hingga Antonio memutuskan pergi meninggalkan Sofia. Ia lebih memilih wanita simpanan dan meninggalkan keluarganya. Sofia berusaha merahasiakan hal itu dari anak-anaknya, ia mengatakan Antonio hanya melakukan perjalanan yang jauh.

 

1. Kehadiran Fermin

Semula kehidupan Cleo berjalan mulus. Cleo bahagia tinggal dengan sederhana bersama Nancy, seorang asisten rumah tangga sekaligus teman Cleo. Hingga kisah beranjak pada Fermin, pria pencinta bela diri Jepang ini masuk ke dalam kehidupan Cleo. Fermin dan Cleo menjalin hubungan, mereka menjadi sepasang kekasih. Namun, sayang semuanya kandas. Ketika Cleo dinyatakan hamil dan Fermin menolak untuk bertanggung jawab.

Apa yang dilakukan Cleo setelah itu? Bagaimana dengan kehamilan Cleo?

2. Kekuatan Seorang Ibu

Mengetahui Cleo yang sedang mengandung. Juga di tengah keadaan Sofia yang sedih karena masalahnya dengan suami, ia dengan tulus tetap menjaga Cleo. Ia membawa Cleo periksa ke rumah sakit tempat Antonio bekerja, demi memastikan keadaan ibu dan bayi baik-baik saja. Setelahnya, Sofia membawa Cleo pergi lengkap dengan anak-anaknya ke kediaman keluarga untuk tahun baru. Ketika itu anak-anak Sofia belum pula menyadari bahwa keluarga mereka sedang berantakan. Mereka hanya tahu jika ayahnya pergi karena urusan bisnis, bukan meninggalkan keluarga. Namun, salah satu dari ketiga anak Sofia mendengar pembicaraan Sofia saat telepon. Sofia meminta agar anaknya tidak memberi tahu saudaranya yang lain. Terlihat Sofia sosok ibu yang kuat, rela menyembunyikan rasa sakitnya.

Bagaimana akhir cerita mereka? Apakah Sofia akan terus merahasiakan tentang Antonio?

3. Cleo dan Sofia

Proses kehamilan Cleo cukup berjalan baik, sayangnya di ujung kehamilan ia terbelit masalah karena berhadapan dengan Fermin yang menjadi anggota kelompok bersenjata. Ia bertemu Fermin ketika menjelajah toko furnitur lalu terjadi baku tembak. Saat itu pria bersenjata yang menodong Cleo adalah Fermin. Seketika air ketuban Cleo pecah. Ia segera dilarikan ke rumah sakit meskipun sempat mengalami hambatan di jalan. Setibanya, Cleo dibawa menuju ruang bersalin.

Apakah kandungan Cleo tertolong? Hingga kapan Sofia akan berbohong pada anak-anaknya? Untuk tahu cerita lengkapnya, tonton ROMA sampai habis ya. Agar rasa penasaran kamu terjawab. Pasalnya, selain menarik. Film ini juga berhasil masuk daftar nominasi Best Foreign Language Film di OSCAR ke-91 sebagai wakil Meksiko. Serta, nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Skenario Terbaik di GOLDEN GLOBES ke-76.

 

Penulis: Annesa K. Ramadhany


REKOMENDASI
TRENDING