Wes Craven, Maestro Horor di Balik 'SCREAM' Tutup Usia

Senin, 31 Agustus 2015 11:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Wes Craven, Maestro Horor di Balik 'SCREAM' Tutup Usia Wes Craven/©wescraven.com
Kapanlagi.com - Maestro film horor yang menderek THE NIGHTMARE ON THE ELM STREET dan SCREAM, Wes Craven, meninggal dunia pada Minggu, 30 Agustus 2015. Craven wafat di usia 76 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker otak yang dideritanya sejak tiga tahun silam.

Dilansir The Hollywood Reporter, ia meninggalkan seorang istri, Iya Labunka. Wanita yang menemaninya selama sejak 11 tahun silam ini juga seorang produser film di Hollywood dan mantan vice president Disney Studios. Craven meninggal dengan tenang di rumah pribadinya, di kawasan Los Angeles Amerika Serikat.

Craven memulai karirnya di bidang perfilman pada tahun 1972 dalam film THE LAST HOUSE ON LEFT. Film ini bertema pemerkosaan dan menjadi box office pada tahun tersebut. Dilanjutkan dengan karyanya di tahun 1977 dalam film thriller, THE HILLS HAVE EYES. Kedua film tersebut diremake oleh Craven masing-masing di tahun 2006 dan 2009.

Namun, karyanya yang paling cemerlang di tahun '80an adalah ketika ia menulis naskah dan menyutradarai THE NIGHTMARE ON ELM STREET. Ia mendapatkan ide film horor ini karena ia sempat tinggal dekat kuburan di daerah Cleveland, AS. Rumahnya berada di Elm Street. Filmnya diproduksi pada 1984-1989.

RIP Wes Craven/©twitter.com/wescravenRIP Wes Craven/©twitter.com/wescraven

Di era '90an, ia pun punya terobosan baru dengan menggarap film horor remaja SCREAM. Craven berhasil mengantongi USD 100 juta (Rp 1,4 T) pada tahun 1996 saat SCREAM dirilis. Kesuksesan yang sama pun menghampiri sekuel keduanya yang tayang pada 1997.

Craven adalah sutradara yang punya kejelian tinggi. Dalam THE NIGHTMARE ON ELM STREET ia menemukan Johnny Deep. Beberapa karyanya juga menemukan bakat terpendam Sharon Stone dan Bruce Willis. Ia adalah seorang sutradara yang berdedikasi terhadap pekerjaan dan dunianya.

"Aku bisa tahu kalau aku memberikan sesuatu kepada penonton. Aku bisa lihat itu di mata mereka dan mereka ucapkan terima kasih banyak padaku. Hal itu bikin kamu sadar, bahwa kamu telah melakukan sesuatu yang berarti kepada orang lain. Jadi jangan banyak omong dan ayo kembali kerja," ungkapnya. RIP, Wes Craven.

(hol/tch)


REKOMENDASI
TRENDING