Kisah Hugh Hefner Dirikan 'Playboy', Sempat Hutang ke Ibunya

Kamis, 28 September 2017 20:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Kisah Hugh Hefner Dirikan 'Playboy', Sempat Hutang ke Ibunya Hugh Hefner © Fameflynet

Kapanlagi.com - Hari Rabu (27/9) kemarin, Hugh Hefner, bos dari majalah dewasa kenamaan Playboy menghembuskan nafas terakhirnya di usia 91 tahun. Ia diberitakan meninggal di mansion megahnya yang disebut sebagai 'The Playboy Mansion' di kawasan Holmby Hills, Los Angeles, California.

Seperti diketahui, Hefner mendirikan majalah Playboy sekitar 64 tahun silam. Mungkin majalah ini dipandang negatif oleh beberapa orang, karena isinya memang seputar wanita dan seks. Bahkan, majalah ini juga tak jarang menampilkan foto-foto yang sensual. Namun ketahuilah jika sebenarnya di dalam majalah Playboy kamu masih bisa menemukan artikel-artikel indepth, interview, hingga cerita fiksi dari berbagai macam nama penulis atau jurnalis terkenal.

Hefner sempat kerja di majalah Esquire © IstimewaHefner sempat kerja di majalah Esquire © Istimewa

Selain itu, ada sebuah fakta unik mengenai kisah Hugh mendirikan majalah Playboy. Sebelumnya, Ia merupakan seorang copywriter di majalah kenamaan lainnya, Esquire. Karena merasa tidak puas masalah gaji, Hugh lalu resign dari posisinya tersebut pada tahun 1952.

Setelahnya, Hugh memutuskan untuk memulai majalahnya sendiri yang Ia beri nama Playboy. Namun, untuk mendirikan Playboy, Hugh harus hutang sana-sini loh. Pertama Ia menggadaikan rumahnya untuk mendapatkan pinjaman uang sebesar US$600 dari bank (sekitar 8 juta rupiah). Lalu, Ia mengumpulkan dana US$8000 (sekitar 108 juta rupiah) dari 45 orang investor, di mana salah satunya adalah ibunya sendiri, yang meminjamkan US$1000 atau sekitar 13,4 juta rupiah.

Hefner hutang sana-sini untuk dirikan Playboy © IstimewaHefner hutang sana-sini untuk dirikan Playboy © Istimewa

Edisi pertama dari Playboy dirilis resmi pada Desember 1953, dengan topik utama foto-foto telanjang Marilyn Monroe di kalender tahun 1949. Edisi pertama dari Playboy pun laku keras, yakni terjual sekitar 50 ribu kopi.

Seperti diketahui, kemajuan zaman membuat peraturan ITE pun semakin ketat. Semakin ketatnya peraturan pornografi online menjadi hambatan bagi perkembangan dari Playboy yang memang mengeksplorasi area tersebut, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

Hefner sempat hilangkan elemen nudity di Playboy © IstimewaHefner sempat hilangkan elemen nudity di Playboy © Istimewa

Bahkan, pada pertengahan 2016 hingga awal 2017 Hugh pernah mencoba untuk mengubah konsep dari Playboy, dengan menghilangkan nudity di dalamnya. Namun karena beberapa alasan, mereka pun kembali pada konsep awalnya.

"Hefner melakukan sebuah pendekatan yang progresif bukan untuk sekedar mengenai sensualitas, tapi juga tentang literatur, politik dan budaya," ujar salah satu sumber, seperti dilansir situs cnbc.com.

Hefner meninggalkan seorang istri cantik bernama Crystal © IstimewaHefner meninggalkan seorang istri cantik bernama Crystal © Istimewa

Hefner meninggalkan meninggalkan 4 orang anak dan seorang istri bernama Crystal Hefner yang usianya baru 31 tahun. Dan nasib dari aset besarnya, 'The Playboy Mansion' kini...

(cnbc/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING