Maraknya Pelecehan Seksual Pada Artis & Sisi Kelam Dunia Hollywood

Senin, 13 November 2017 09:58 Penulis: Soraya
Maraknya Pelecehan Seksual Pada Artis & Sisi Kelam Dunia Hollywood Kevin Spacey - Harvey Weinstein - Dustin Hoffman @ istimewa

Kapanlagi.com - Gemerlapnya dunia hiburan Hollywood selama ini selalu menjadi kiblat bagi para sineas dan pecinta film. Dianggap unggul dari berbagai aspek, produksi film barat memang selalu dinanti oleh para peminatnya. Tak peduli soal genre horror, romance, drama keluarga, ataupun film komedi.

Laris di pasaran, kehidupan para artisnya juga tak pernah lepas dari sorotan publik dan media. Gaya hidup, kehidupan pribadi, masalah percintaan, hingga selera fashion sekalipun selalu menjadi topik yang tak pernah absen dari berbagai headline media di seluruh dunia.

Hollywood dan segala keglamorannya memang mampu membuat silau mata, namun di balik itu semua ada sisi kelam yang tak terduga. Tentu saja ini semua berkaitan dengan praktek-praktek kotor yang dilakukan oleh para produser yang belakangan tak lagi menjadi isu tabu.

Harvey Weinstein, dilaporkan atas berbagai aksi pelecehan seksual pada sederet artis cantik Hollywood @ ZimbioHarvey Weinstein, dilaporkan atas berbagai aksi pelecehan seksual pada sederet artis cantik Hollywood @ Zimbio

Sebut saja apa yang baru terkuak dari sosok Harvey Weinstein. Bos Miramax ini telah dilaporkan melakukan sederet aksi pelecehan seksual pada banyak selebritis papan atas Hollywood. Mulai dari Meryl Streep, Gwyneth Paltrow, Angelina Jolie, hingga Cara Delevingne pernah menjadi korbannya.

Nggak cuma itu, aktris cantik Rose McGowan bahkan mengaku pernah diperkosa oleh Harvey. "Aku sudah bilang pada pimpinan studiomu kalau HW (Harvey Weinstein) pernah memperkosaku. Aku sudah bilang berkali-kali. Dia bilang itu nggak ada buktinya. Aku bilang kalau aku adalah buktinya," tulis Rose dan mengirimkannya pada Jeff Bezos, eksekutif Amazon.

Dustin Hoffman juga dituduh melakukan aksi pelecehan seksual @ NewsOKDustin Hoffman juga dituduh melakukan aksi pelecehan seksual @ NewsOK

Dustin Hoffman Lakukan Pelecehan

Tak lama setelah Harvey, nama Dustin Hoffman muncul dan sukses bikin heboh publik. Aktor senior ini dilaporkan telah melakukan tindak asusila serupa pada sederet wanita, tak terkecuali rekan sesama artis, Meryl Streep.

Adalah Anna Graham Hunter, korban pertama Dustin yang pernah menjadi lawan mainnya dalam film DEATH OF A SALESMAN. Menanggapi laporan Anna yang mengaku pernah dilecehkan secara verbal dan fisik, ia pun hanya bisa minta maaf dan mengakui kesalahannya.

Lewat sebuah wawancara dengan Hollywood Reporter, Dustin pun sempat menyampaikan, "Aku sangat menghormati perempuan dan menyesal sudah melakukan hal yang membuatnya dalam kondisi tak nyaman. Aku minta maaf. Itu bukan diriku yang sebenarnya.

Aktor Kelas Oscar Juga Kena

Perlahan nama-nama lain juga ikut terseret karena skandal pelecehan seksual yang sangat memalukan ini. Sebut saja sebuah laporan yang baru saja ditujukan untuk salah satu aktor sekaligus produser tersohor Hollywood, Kevin Spacey.

Nama Kevin tercoreng akibat tindak asusilanya saat masih muda @ InsiderNama Kevin tercoreng akibat tindak asusilanya saat masih muda @ Insider

Isu pelecehan seksual yang dilakukan oleh Kevin bermula lewat laporan aktor STAR TREK bernama Anthony Rapp. Aktor asal Amerika ini mengaku pernah dilecehkan Kevin saat ia masih berusia 14 tahun. Tak hanya Anthony sederet nama pria lain juga ikut buka suara soal kasus ini. Di antaranya ada Tony Montana dan Daniel Beal yang juga pernah mengalami kejadian kurang menyenangkan dengan Kevin di masa lalu.

Tak lama setelah isu pelecehan seksual Kevin ini tercium publik, Netflix mengambil sebuah keputusan yang sangat mengejutkan. Mereka akan memberhentikan produksi serial House of Cards yang dibintangi Kevin, padahal serial ini sangat laris dan berhasil memenangkan penghargaan Golden Globe.

Giliran Aktor Komika Louis C.K.

Badai pengungkapan pelecehan seksual masih berlanjut. Yang terbaru, aktor sekaligus penulis dan komika Louis C.K. yang menjadi sorotannya. Aktor tambun berkepala plontos ini dilaporkan oleh lima wanita karena pernah melakukan pelecehan seksual di 2002.

Disebut salah satu pelapor, Dana Min Goodman and Julia Wolov Louis pernah mengajaknya ke kamar seusai pertunjukkan tunggalnya. Mulanya keduanya tidak curiga karena memang ia merasa beruntung bisa ngobrol dengan idolanya. Yang tidak diduganya, Louis meminta mereka untuk memegang kemaluannya. Permintaan itu tak digubris namun Louis tetap melanjutkan diri mengeluarkan kemaluannya dan masturbasi. 

Louis tidak menyanggah tuduhan tersebut. Ia membenarkan bahwa dirinya pernah melakukan pelecehan tersebut. Ia secara terbuka meminta maaf atas pelecehan yang dilakukannya. Ia menyebut bahwa saat itu ia menyalahgunakan popularitasnya dan memaksa penggemarnya. Jauh setelah kejadian itu berlangsung, Louise menyatakan penyesalannya.  

"Apa yang aku akhirnya pahami, meski terlambat, adalah ketika kamu punya kuasa atas orang lain, meminta mereka melihat kemaluan bukanlah sebuah pertanyaan. Itu memalukan bagi mereka. Aku mengira punya kuasa terhadap para wanita iti karena mereka mengidolakanku. Akhirnya aku menyalahgunakannya. Aku sangat menyesal dengan apa yang kulakukan," tuturnya dalam pernyataan resmi kepada New York Times.

Louis CK. Foto: pixel.nymag.comLouis CK. Foto: pixel.nymag.com



Penyesalan Louise tidak banyak membantunya. FX Networks dan FX Productions menyatakan secara resmi bahwa Louise tidak lagi menjabat sebagai produser atau menerima royalti dari program televisi yang digarapnya, BETTER THINGSBASKETSONE MISSISSIPPI, dan THE COPS. FX Productions juga membatalkan perjanjian mereka dengan Pig Newton, perusahaan produksi Louise. 

Isu pelecehan seksual yang melibatkan sederet nama orang penting Hollywood memang mampu membuat siapapun ngeri saat mendengarnya. Di balik gemerlap glamor industri hiburan Hollywood yang tersohor itu ternyata menyimpan fakta kotor yang dialami oleh beberapa korban. Tak hanya wanita, para pelaku juga mengincar sesama jenisnya.

Kekayaan dan popularitas yang mereka miliki tentunya tak sebanding dengan pengalaman pahit yang pernah dialaminya. Tampaknya ancaman hukum juga tak mampu membuat jera para pelaku. Akankah Hollywood meredup gara-gara skandal memalukan ini? Bagaimana menurut kamu?

(kpl/sry)

Editor:

Soraya


REKOMENDASI
TRENDING