HOLLYWOOD

Terima Brit Awards, Mengapa Beyonce Samakan Meghan Markle dengan Mona Lisa

Kamis, 21 Februari 2019 11:15 Penulis: Rezka Aulia

Beyonce anggap Meghan representasi Mona Lisa Modern. (Beyonce)

Kapanlagi.com - Beyonce dan Jay Z mendapatkan piala penghargaan dari Brit Awards 2019 untuk album Everything Is Love. Tak bisa hadir secara langsung, keduanya membuat pidato kemenangan yang diunggah ke media sosial.

Satu hal yang unik, keduanya tampil all out dengan setelan jas dan berdiri di depan foto Meghan Markle yang dibingkai. Dalam foto itu nampak Meghan dibuat sedemikian rupa menyerupai foto resmi Ratu Elizabeth II.

'Terima kasih Brit Awards atas kehormatan ini. Kalian selalu suportif. Semua tentang cinta (merujuk judul album Everything Is Love)," ujar Bey mengawali videonya.

1. Samakan Monalisa dan Meghan Markle

Setelah menyampaikan pidato kemenangannya, Jay dan Bey berbalik memandangi foto Meghan Markle. Bagi sebagian orang mungkin setting video ini tak berarti banyak. Namun kalau diteliti lebih lanjut, setting ini adalah tiruan video klip Apeshit.

Dalam video klip yang diambil di dalam Louvre Museum, Paris ini keduanya berpose di depan lukisan Mona Lisa yang legendaris. Langkah membuat video didepan foto Meghan dirasa sebagai penghargaan bagi ikon keturunan African-American di Inggris. Banyak juga yang mengira ini adalah sebuah usaha Bey-Jay mengubah standard kecantikan dunia.

2. Melanated Monas

Selama ini Mona Lisa dijadikan standard kecantikan di budaya kaum kulit putih. Menerima penghargaan dari Inggris bertepatan dengan momen Black History Month, Bey dan Jay membuat video satu ini. Beyonce juga menuliskan sebuah ucapan untuk sang Duchess of Sussex ini.

"Di momen Black History Month, kami salutkan hormat kami untuk salah satu Melanated Monas kita. Selamat untuk kehamilanmu! Kami doakan kebahagiaan untukmu," pungkas Bey.

Melanated Monas merupakan istilah yang dibuat Beyonce untuk merujuk Monalisa versi kulit hitam. Melanated sendiri berasal dari kata melanin, yakni pigmen kulit gelap. Seolah Beyonce ingin menggugat standard kecantikan yang selama ini didominasi wanita kulit putih.

3. Dukung Meghan?

Video satu ini dianggap multi-tafsir oleh netizen. Pasalnya banyak pula yang menilai Beyonce mengangkat sosok Meghan sebagai bentuk dukungan moral. Seperti yang kita ketahui, kini Meghan tengah menjadi sasaran berbagai pemberitaan negatif oleh media Inggris.

Terlepas dari berbagai asumsi ini, apakah Meghan Markle cocok menjadi ikon kecantikan kaum kulit hitam?

 

(kpl/rna)

Editor: Rezka Aulia


REKOMENDASI
TRENDING