SELEBRITI

7 Selebriti Ini Melahirkan dengan Metode Gentle Birth, Dari Andien Aisyah Sampai Kartika Putri

Selasa, 10 Agustus 2021 14:35 Penulis: Editor KapanLagi.com

Andien Aisyah (www.instagram.com/andienaisyah), Widi Mulia (www.instagram.com/widimulia), Kartika Putri (www.instagram.com/kartikaputriworld)

Kapanlagi.com - Metode persalinan dengan nama gentle birth merupakan sesuatu yang sempat terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Beberapa mungkin akan bertanya apa itu gentle birth dan bagaimana metode itu dilaksanakan.

Metode persalinan gentle birth menggunakan konsep bahwa proses persalinan bukanlah proses yang terjadi secara biologis semata, melainkan proses yang juga meliputi aspek psikologis sang ibu. Gentle birth merupakan proses persalinan alami yang meminimalisir rasa sakit yang dialami oleh sang ibu.

Gentle birth kini bukanlah hal yang asing lagi, bahkan makin populer semenjak beberapa selebriti Indonesia mengaku menggunakan metode ini untuk melahirkan. Siapa saja kah seleb yang menggunakan metode persalinan gentle birth?

1. Andien Aisyah

Andien Aisyah merupakan salah satu seleb yang sempat menghebohkan dunia maya dengan pilihannya untuk melahirkan dengan metode gentle birth. Ia melahirkan putra pertamanya, Anaku Askara Biru, dengan metode ini pada tahun 2017 silam.

Ia menggunakan cara water birth, di mana ia berendam pada air kolam air hangat selama proses persalinan. Dilansir dari theasianparent.com, metode ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain mempersingkat waktu persalinan dan menekan produksi hormon stres sehingga ibu jadi lebih nyaman.

2. Widi Mulia

Setelah melahirkan kedua buah hatinya dengan cara normal, Widi memilih untuk melakukan proses persalinan dengan metode gentle birth pada anak ketiganya. Ia juga menggunakan metode water birth dan melakukannya di sebuah vila yang bertempat di Ubud, Bali.

Widi yang ditemani sang ibu selama proses persalinan berhasil melahirkan anak ketiganya yang bernama Den Bagus Satrio Sasono pada 25 Januari 2015 silam. Kini, Den Bagus sudah tumbuh pesat dan kreatif banget.

3. Ayudia Bing Slamet

Kelahiran putra pertama pasangan TEMAN TAPI MENIKAH, Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion, dilakukan dengan metode gentle birth. Si kecil yang lahir dengan nama Dia Sekala Bumi ini lahir pada Juni 2016 dengan berat 3,2 kg dan panjang 59 cm. Bukan di rumah, Ayudia menjalani proses persalinan di klinik Bumi Sehat yang bertempat di Bali.

4. Enno Lerian

Mantan penyanyi cilik Enno Lerian juga merupakan salah satu selebriti yang menggunakan metode gentle birth untuk proses persalinannya. Ia melahirkan anak ke-empatnya, Gema Tyaga Soesetyo, pada 10 Desember 2017 silam. Enno mengaku memilih metode persalinan ini dikarenakan ingin mengurangi rasa sakit dan trauma seusai melahirkan.

 

5. Oppie Andaresta

Oppie Andaresta melahirkan putranya, Kai Matari Bejo Kaler, dengan metode gentle birth. Ia melahirkan putranya tersebut dengan diiringi alunan musik untuk membuatnya tenang selama proses persalinan. Ia menerapkan gentle birth untuk kelahiran putra semata wayangnya pada tahun 2007 silam.

 

6. Sharena Delon

Pemain FTV Sharena Delon telah melahirkan anak keduanya dengan metode gentle birth. Sang buah hati lahir pada pukul 01.41 dengan berat badan 3 kg dan panjang 49 cm.

Ditemani sang suami, Sharena melahirkan putrinya yang bernama Sea Dedari Situmeang tersebut pada 22 September 2018.

 

7. Kartika Putri

Kartika Putri melahirkan putrinya yang bernama Syarifah Khalisa Aghniya pada tahun 2019 silam dengan menggunakan metode gentle birth. Kartika mengaku bahwa ia enggan melahirkan di rumah sakit dan memilih untuk menjalankan proses persalinan di rumah.

Namun sayang, Kartika yang awalnya ingin menggunakan metode water birth harus mengurungkan niatnya tersebut dikarenakan ia mengalami sedikit gangguan kesehatan menjelang proses persalinannya.

Nah, itulah beberapa selebriti Indonesia yang melahirkan dengan metode persalinan gentle birth. Apa KLovers juga tertarik dengan metode ini? Tuliskan jawaban kalian di kolom komentar ya!

Artikel ini ditulis oleh: Salmaa Fadh.

 


REKOMENDASI
TRENDING