Ajang Awards Jadi Ajang 'Titipan'?

Rabu, 28 Maret 2012 14:14 Penulis: Dewi Ratna
Ajang Awards Jadi Ajang 'Titipan'? Ilustrasi
Kapanlagi.com - Hari Rabu (27/3) malam kemarin, baru saja digelar ajang Panasonic Gobel Awards yang ke-15. Pasca didapatkan nama-nama pemenang penghargaan dari setiap nominasi, kontroversi pun mulai mencuat. Mengapa bisa demikian?

Ajang yang digelar di gedung XXI Djakarta Theater, Menteng, Jakarta Pusat, dan disiarkan langsung oleh stasiun RCTI ini mengundang banyak kontra ketimbang pro. Panasonic Gobel Awards dinilai tidak jeli dalam memilih pemenang.

Beberapa dari mereka yang peka, sudah bisa memprediksikan siapa saja pemenang dari setiap nominasi dalam ajang ini. Bisa ditebak, sebagian besar pemenangnya adalah program dari MNC group dan ditayangkan di RCTI, begitu pula untuk artis dan presenter.

Nyatanya, tak hanya ajang ini yang dinilai terlalu berpihak. Gelaran tahunan yang bertajuk Inbox Awards 2011 berlangsung seru pada tanggal 25 September 2011 lalu. Acara ini disiarkan secara langsung di stasiun SCTV, dari kota Harapan Indah Bekasi mulai pukul 20.00 hingga pukul 24.00.

Nama Syahrini yang keluar sebagai pemenang dalam kategori Solois Terinbox pun menuai sindiran tajam. Pasalnya, sebagian besar orang merasa tidak bisa menerima jika penyanyi ini mengungguli Afgan Syah Reza yang dinilai lebih berbobot dari Syahrini.

Apakah hanya berhenti di dua ajang tersebut? Tentu saja tidak! Masih ada SCTV Awards 2011 yang digelar di Balai Sarbini, Jakarta pada hari Jumat, 25 November. Ajang ini pun menuai banyak komentar senada. SCTV pun dinilai terlalu berpihak, dan dianggap memilih pemenang berdasarkan 'pesanan'.

Banyak hal yang dianggap tak masuk akal yang dihasilkan dari ajang pemilihan ini. Kemenangan Syahrini atas Agnes Monica dalam kategori Penyanyi Ngetop pun sempat menjadi bahan perbincangan publik. Namun, tak sedikit juga mereka yang dengan bijak menanggapi hasil dari ajang ini.

Jika dipikir secara positif, memang masuk akal kalau Syahrini memenangkan nominasi tersebut. Dia lebih kerap tampil di SCTV ketimbang Agnes, dan namanya memang sangat ngetop pasca beredarnya istilah 'sesuatu' dan dandanan jambulnya yang sering nyeleneh.

Masih ada lagi! Infotainment Awards 2012 yang digelar untuk pertama kalinya di Balai Sarbini Jakarta, pada hari Jumat, 20 Januari lalu pun mengalami nasib yang sama. Ajang yang juga adalah gelaran dari stasiun SCTV ini pun menjadi pembicaraan.

Lagi-lagi pemenang yang sama seperti ajang-ajang awards lainnya yang digelar di stasiun televisi satu ini. Dan lagi-lagi, penikmat hiburan televisi bisa dengan mudah menebak siapa nama yang bakal keluar menjadi pemenangnya.

Masyarakat tentunya mengharapkan ajang seperti ini bisa benar-benar mengapresiasi pelaku entertaint dengan tepat. Lantas, jika setiap stasiun televisi yang menayangkan ajang pemberian penghargaan semacam tersebut di atas selalu membuahkan hasil tak memuaskan, untuk apa ada gelaran semacam ini?

(kpl/dew)

Editor:

Dewi Ratna


REKOMENDASI
TRENDING