SELEBRITI

Aksi Ayu Azhari dalam Bela Negara, Buka Bisnis yang Tak Cari Keuntungan Semata

Jum'at, 24 September 2021 14:57 Penulis: Canda Dian Permana

Ayu Azhari © KapanLagi.com/Daniel Kampua

Kapanlagi.com - Ayu Azhari ingin bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan. Maka dari itu, Ayu Azhari senantiasa aktif melakukan kegiatan sosial dalam membantu masyarakat, baik pribadi maupun bersama organisasinya.

Bahkan, dalam membangun usaha, bintang film "Dream Obama" ini menerapkan konsep wirausaha sosial yang mana dirinya tak hanya mencari keuntungan semata. Namun juga bisa membantu lingkungan sosial dari bisnisnya sebagai wujud bela negara.

"Saya membangun beberapa bisnis, salah satunya kopi. Tenaga kerjanya kami latih dari petani (kopi) sampai pemasarannya. Karena untuk membantu pegiat kopi dan juga petani kopi Indonesia," kata Ayu Azhari dalam acara virtual Ngopi Daring Bela Negara yang diinisiasi Kementrian Pertahanan, Kamis (23/9/2021).

Pun begitu dengan bisnis busana yang dijalaninya, Ayu mengaku membuka usaha busana dengan niat membantu para pelaku UMKM.

"Saya produksi batik untuk baju yang tidak mahal, desainernya itu anak saya. Kami produksi banyak, kemudian kita jual ke butik-butik di pasar. Jadi kita nggak pakai label. Alhamdulillah kita jual nggak untung banyak, tapi tetap berkelanjutan dan orang lain bisa mengambil untung juga dari situ," kata Ayu.

1. Ceritakan Semangat Wirausaha

Ayu menceritakan semangatnya dalam berwirausaha sosial didapatnya dari budayawan W.S Rendra.

"Jadi, saya belajar dari dia (almahrum W.S. Rendra) bahwa kita harus bermanfaat buat lingkungan," kata Ayu Azhari.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir pula Dr. Dewi Motik Pramono, M.Si. merupakan tokoh wanita Indonesia dan juga penggagas, pencetus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

2. Turut Sisipkan Prinsip Bela Negara

Peran sentralnya yang aktif dalam memajukan Indonesia melalui berbagai karyanya ini juga turut menyisipkan prinsip bela negara di dalam setiap usahanya.

"Selama apa yang saya lalukan banyak manfaatnya untuk orang lain, langsung kerjain karena untuk negara," ungkap Dewi.

Sementara itu, Direktur Bela Negara Kementerian Pertahanan (Kemhan) Brigjen TNI Jubei Leviato menegaskan berwirausaha untuk kemajuan bangsa juga bagian bela negara karena mampu meningkatkan lapangan pekerjaan yang akan mendongkrak kemajuan sebuah negara.


REKOMENDASI
TRENDING