SELEBRITI

Alami Depresi Hingga ke Psikiater, Cakra Khan Jelaskan Penyebabnya

Sabtu, 23 Februari 2019 17:40 Penulis: Ayu Srikhandi

Cakra Khan © KapanLagi.com/Nurwahyunan

Kapanlagi.com - Penyanyi Cakra Khan mengatakan setahun belakangan ini dirinya sempat mengalami depresi. Pelantun Harus Terpisah itu bahkan sampai harus konsultasi ke seorang psikiater sampai sekarang. Menurut Cakra, salah satu penyebab dirinya mengalami depresi karena sering membawakan lagu-lagu sedih seperti putus cinta, ditinggalkan atau diselingkuhi. Oleh karena itu, di awal tahun 2019 ini Cakra mengeluarkan lagu sedih untuk terakhir kalinya yang berjudul Adalah Aku.

"Percaya nggak percaya lagu sedih itu ngefek ke kehidupan yang saya alamin. Jadi saya tahun-tahun kemarin saya sempat depresi, saya sempat ke psikiater," ujar Cakra Khan saat peluncuran lagu 'Adalah Aku' di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jum'at (22/2).

"Sempat ngomong sama dokter, salah satu penyebabnya kita harus berpikir dan ngomongin yang positif. Jadi ya secara nggak langsung kan sedih tuh ngomongin cinta lagi, putus cinta lagi. Jadi ini seperti penutup lagu sedih saya," lanjutnya.

1. Akan Bawakan Lagu yang Positif

Setelah ini, Cakra akan lebih banyak menyanyikan lagu-lagu yang bertemakan positif dan penyemangat diri. Menurutnya hal tersebut sangat membantu dirinya. "Setelah saya konsultasi dokter bilang salah satu yang bisa membantu coba nyanyi lagu yang positif, lagu tentang yang penyemangat diri, biar nggak selalu ingat yang aneh-aneh. Karena saya yakin banyak orang yang nggak mau mengutarain masalahnya, dikeep sendiri jadi takutnya jatuhnya ke obat-obatan atau ke hal-hal yang negatif jadi saya lebih ngutarain apa yang saya rasakan," paparnya.

"Ini sangat membantu, meskipun saya sekarang masih mencoba untuk menstabilkan diri saya karena saya memang punya anxiety itu berpikir terlalu jauh yang belum terjadi jadi makanya di lagu ini saya benar-benar keluarin semuanya biar kedepannya (lebih baik). Karena saya sudah rekam lagu-lagu yang positif. Jadi ini dikeluarin dulu (lagu sedih) nanti lagu positif," lanjut Cakra Khan.

2. Mulai Pilih-pilih Teman

Selain karena lagu-lagu sedih tersebut, Cakra Khan mengatakan lingkungan pertemanan juga berpengaruh dalam kehidupannya. "Jadi sempat saya mau pulang (kampung), nggak mau nyanyi lagi. Itu emosi batin saya. Maksudnya mungkin wajar karena saya berasal dari desa terus ketika realita jadi seorang yang dilihat orang tuh harus gini jadi contoh yang baik. Sedangkan kadang kita ada up and down," ungkap Cakra Khan.

"Karena dalam artian mencari teman yang benar-benar karena siapa kamu sama berteman karena benar-benar dari hati itu semakin susah dan itu yang bikin saya sedikit kacau. Karena saya dulu di kampung teman saya tuh, tetangga saya banyak. Jadi justru sekarang semakin sedikit karena memang saya lebih hati-hati gitu kan," tambahnya.

3. Karena Putus Cinta?

Penyanyi asal Pangandaran itu juga tak mengelak penyebabnya lainnya dirinya alami depresi karena putus cinta. "Haha, sebenarnya semuanya pasti kalau masalah percintaan jadi hal yang utama ya. Apalagi kadang-kadang musisi agak sensitif sama percintaan. Jadi bisa dibilang ya hubungan cinta yang nggak jelas jadi bikin saya sudah lah selesai dulu, saya mau fokus karir, mau positif dulu," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING