Begini Kronologi Penangkapan Dawiya dan Kakaknya Menurut Polisi

Sabtu, 17 Februari 2018 14:15 Penulis: Ahmat Effendi
Begini Kronologi Penangkapan Dawiya dan Kakaknya Menurut Polisi Dawiya cr: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Putri pedangdut Elvy Sukaesih yakni Dawiya Zaida ditangkap oleh polisi atas tindak penyalahgunaan narkoba di rumah kawasan Cawang, Jakarta Timur. Tidak hanya Dawiya, kedua kakak laki-lakinya, yakni Syechans dan Ali Zaenal Abidin juga diamankan. Begitu juga dengan istri Syechan, Chauri Gita serta tunangan Dawiya yaitu Muhammad.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono dan jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (17/2) akhirnya menggelar jumpa pers mengenai penangkapan keluarga Elvy Sukaesih tersebut.

"Awalnya berawal informasi dari masyarakat bahwa di daerah Cawang itu ada beberapa kegiatan peredaran narkoba. Dengan adanya informasi itu kemudian Kasubdit 1 memerintahkan staf untuk melakukan penyelidikan. Dan hasil penyelidikan kemarin ditemukan seorang laki-laki yang dengan ciri-cirinya yang dilakukan oleh anggota, mengamankan seorang laki-laki di depan rumahnya di daerah Cawang di Jakarta Timur," ujar Kombes Pol. Argo Yuwono.

"Setelah dilakukan penangkapan kemudian masuk ke rumahnya. Kemudian dilakukan penggeledahan badan, kemudian ditemukan ada barang bukti ini 0,38 gram. Disembunyikan di sini (celana jeans bagian pinggang). Ini adalah modus bagaimana seorang pelaku untuk mengelabuhi petugas. Dimodifikasi. Sehingga tidak akan ketahuan ya, tetapi karena kejelian dari penyidik untuk menggeledah badan makanya bisa menemukan barang bukti ini," lanjut Argo.

Dawiya dan 2 kakak kandung, 1 kakak ipar dan tunangannya yang bernama Muhammad diamankan pihak yang berwajib. cr: KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaDawiya dan 2 kakak kandung, 1 kakak ipar dan tunangannya yang bernama Muhammad diamankan pihak yang berwajib. cr: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Usai melakukan pemeriksaan terhadap Muhammad, polisi pun langsung menggeledah kamar yang didalamnya terdapat Dawiya beserta Syechan dan kakak iparnya Chauri Gita yang tengah hamil sedang menggunakan narkoba. Tak lama kemudian kakak Dawiya yaitu Ali Zainal datang ke rumah. Walaupun tidak sedang menggunakan narkoba, ia juga diamankan polisi.

"Kami melakukan penggeledahan ke kamar sebelahnya yaitu kamar D. Di dalam kamar D ditemukan ini, pada saat itu yang bersangkutan sedang melakukan kegiatan menghisap sabu, dilakukan bertiga D, S sama C. Bertiga melakukan itu, kemudian kami telah melakukan penggeledahan kita temukan beberapa ini yang di dalam kotak, kita menemukan beberapa barang seperti ini ada sedotan, cangklong ada 11, ada klip plastik, ada timbangan elektrik dan kertas alumunium foil. Kami temukan semua berbagai model. Setelah kita menemukan itu, datang lagi saudaranya yang berinisial A, datang masuk ke rumah. Kelimanya kami bawa ke polda metro jaya. Setelah kita melakukan pemeriksaan kemarin kita menetapkan M dan D, S dan C itu sebagai tersangka," jelas Argo.

Saat penggeledahan, Elvy Sukaesih tidak berada di tempat. Namun, rencananya juga akan diperiksa oleh pihak polisi untuk dimintai keterangan. "(Saat penangkapan) Nggak ada (Elvy). Oh semua kami akan minta keterangan. Kami lihat kalau sudah cukup, cukup untuk keterangannya. Kita belum sampai ke orang tuanya," pungkas Kasubdit 1 Ditreserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Jean Calvijn.

(kpl/rhm/sjw)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING