SELEBRITI

Benarkah Haters Yang Bikin Selebritis Makin Terkenal?

Helmi Romadhon  |  Jum'at, 30 September 2016 04:15

Benarkah Haters Yang Bikin Selebritis Makin Terkenal?

Kapanlagi.com - Majunya perkembangan teknologi memang membuat komunikasi jadi makin gampang. Bukan hanya sesama teman atau saudara, hubungan antara artis dan fans pun juga bisa terjalin baik lewat media sosial seperti Twitter dan Instagram. Memang nggak semua artis pakai, tapi setidaknya sebagian besar sudah menggunakannya.

Para fans jadi dimudahkan dengan hadirnya medsos. Entah itu untuk mengetahui update terbaru tentang sang pujaan, atau hanya sekedar memberikan pujian. Semua bisa dilakukan dengan bebas hanya dengan modal internet.

Sayangnya medsos nggak hanya punya pengaruh secara positif saja bagi para pesohor. Sisi negatif dari kebebasan itu pun juga ada. Salah satunya semakin leluarsanya para haters untuk membully dan menghujat artis yang mereka benci.

Fenomena haters ini memang sering kali diperbincangkan. Soalnya terkadang si haters bertingkah nggak masuk akal, seperti dirinya paling sempurna. Di mata mereka, apapun yang dilakukan sang artis selalu salah. Bahkan ketika artis melakukan hal baik, kadang masih ada saja yang menyebutnya pencitraan, sombong atau semacamnya. Memang nggak semuanya seperti itu, tapi yang jelas ada.

Bella Sofie, salah satu artis yang punya banyak haters © KapanLagi.com®/Bambang E RosBella Sofie, salah satu artis yang punya banyak haters © KapanLagi.com®/Bambang E Ros

Di Indonesia sendiri ada beberapa artis yang memiliki jumlah haters banyak, sebut saja Ayu Ting Ting, Mulan Jameela, Bella Sofie, Aurel Hermansyah, dan masih banyak lagi. Haters dari beberapa artis tersebut bahkan membuat akun medsos yang isinya membahas kelakuan buruk sang artis.

Haters Lebih Perhatian

Sadar atau tidak, ketika jadi haters salah satu atau beberapa seleb, itu bisa membuat mereka jadi makin perhatian. Caranya memang berbeda dari lovers, yaitu dengan mencari-cari 'kesalahan' sekecil apapun dan di manapun.

Tak cukup sampai di situ, mereka kemudian membagi-bagikan 'kesalahan' tersebut pada sesama haters. 'Kesalahan' tersebut bakal terus dibagikan sebagai bahan gunjingan agar semakin banyak yang tahu.

Apalagi, sekarang terbilang gampang untuk menyebarkan 'kesalahan' si artis itu. Tinggal kirim saja ke DM (direct message) ke Instagram akun-akun infotainment yang ngehits dengan nama 'mulut' dalam Bahasa Jawa itu. Dalam waktu singkat, kabar tak sedap sang artis pun dapat pemberitaan tak sedap.

Kesalahan Ayu Ting Ting Ting selalu dicari-cari haters © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaKesalahan Ayu Ting Ting Ting selalu dicari-cari haters © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Bagi haters garis keras, hal semacam ini adalah kepuasan tersendiri. Mereka merasa senang jika artis yang mereka benci diberitakan negatif dan mendapat hujatan. Terlebih lagi kalau mereka sampai berhasil mempengaruhi lover ikut-ikutan menghujat, pasti makin girang.

Kalau sudah berhasil, mereka pasti akan ketagihan dan mengulik-ulik lagi kehidupan dan kesalahan si artis. Terus begitu sampai nggak ada lagi yang dibahas. Memang, nggak semua kesalahan yang dicari dan dibicarakan sesama haters bisa jadi viral. Tapi sama saja kok, kalau belum berhasil pun mereka bakal tetap mencari.

Intinya, mereka begitu perhatian. Nggak hanya masa lalu, tapi kabar terbaru pun bakal terus diburu demi mendapatkan kesalahan itu. Jadi nggak heran kalau akhirnya hater jadi lebih perhatian ke si artis, daripada penggemar sendiri.

Nikita Mirzani pengen punya lebih banyak haters © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoNikita Mirzani pengen punya lebih banyak haters © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Nggak heran kalau akhirnya Nikita Mirzani jadi iri dengan artis yang punya banyak haters. "Niki senang sih punya haters banyak. Niki pengin ngalahin hatersnya salah satu artis adalah namanya," ungkapnya beberapa waktu yang lalu.

Haters Setia Menanti Karya

Selain perhatian dari sisi kehidupan pribadi, haters juga selalu setia menanti karya-karya terbaru dari si artis yang dibenci. Pastinya mereka berharap ada saja 'kekurangan' yang bisa dijadikan bahan gunjingan.

Sudah ada banyak contoh untuk kasus seperti ini. Misalkan saja ketika Agnes Monica mengeluarkan single Internasional, Coke Bottle pada tahun 2014 lalu. Para haters dengan cepat mengkritisi lagu dan video klipnya. Salah satu topik yang sempat ramai dibicarakan saat itu adalah pakaian Agnez yang dinilai mirip popok.

Pakaian Agnes Monica dikomentari haters © Youtube.com/AGNEZMOofficialVEVOPakaian Agnes Monica dikomentari haters © Youtube.com/AGNEZMOofficialVEVO

Selain Agnes, Ayu Ting Ting pun juga mengalaminya. Banyak haters yang dengan antusias melihat program yang dibintanginya. Bahkan ketika penggemar setia sudah mulai bosan dengan acara-acara yang begitu-begitu saja, haters masih setia untuk menantikan Ayu untuk berbuat 'ulah'.

Bukan tak mungkin, haters juga ikutan update soal karya terbaru sang artis. Niatnya dari awal bukan sekedar mencari hiburan atau bahkan mengagumi, tapi sudah jelas mereka mencari kesalahan dan kekurangannya. Kalau sudah ketemu, barulah disebarluaskan.

Bikin Artis Makin Tenar

Faktanya, semakin para haters mencari kesalahan lagi dan lagi, maka si artis bakal semakin sering diomongin. Jadi semakin sering juga diundang ke acara-acara talkshow televisi untuk klarifikasi kebenaran kabar yang sedang ramai diperbincangkan itu.

Ketika tampil di layar kaca pun mereka tak serta merta hanya mengkonfirmasi soal rumor saja. Momen ini bisa dijadikan batu loncatan sebagai ajang mempromosikan karya. Entah itu film, lagu baru, bisnis, atau yang lainnya.

Cara ini terbilang cukup efektif. Apalagi jika talkshow yang didatangi punya rating bagus. Bisa semakin banyak sasaran yang tertarik dengan 'jualan' si artis. Atau paling tidak, dari yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu.

Aurel Hermansyah sering dikoemntari karena penampilannya dianggap terlalu dewasa © instagram.com/hijaumusikAurel Hermansyah sering dikoemntari karena penampilannya dianggap terlalu dewasa © instagram.com/hijaumusik

Bukan hanya karyanya saja, tapi nama si artis itu pun juga bakal makin dikenal. Kalau memang mereka sedang tak mengeluarkan karya baru, setidaknya mereka bisa ngeksis dan namanya pun bisa tetap diingat publik.

Siapa sangka, berawal dari haters yang mencari-cari kesalahan itu, bisa jadi berkah buat si artis. Selain namanya jadi tetap eksis, karya pun juga semakin laris. Pekerjaan makin lancar dan pundi-pundi pun juga mengalir deras.

Dari sisi artis memang terkesan miris, karena setiap karya dan perbuatan selalu dikomentari negatif. Entah itu memang salah ataupun benar. Tapi bakal selalu ada hikmahnya di setiap kejadian. So, sepertinya ungkapan Haters Make Me Famous itu bukan hanya isapan jempol belaka. Menurut kamu bagaimana? Setuju nggak?

Memang untuk membenci dan mencintai seseorang itu jadi hak masing-masing individu. Tapi jika dipikir-pikir lagi, apa sih gunanya haters membenci seseorang yang sebenarnya nggak kita kenal-kenal banget? Kalau ujung-ujungnya bikin artis yang kamu benci jadi makin terkenal?

Simak berita ini juga ya!

Tak Peduli Hujatan Haters, Ayu Ting Ting Bangga Bisa Raih Piala

VIDEO: Ayu Ting Ting dan Ruben Cover PPAP, Gokil Abis!

Saat Muncul Kabar Kepergok Selingkuh, Raffi Sedang Ditemani Gigi

Kabar Raffi Ahmad Kepergok Selingkuh, Ruben Onsu Beri Kesaksian

Serba Salah, Kartika Putri Sering Dilabrak Oleh Fans Raffi & Ayu

(kpl/mhr)

Editor:

Helmi Romadhon

Rekomendasi Pilihan





Lihat Arsip Selebriti

- - -