SELEBRITI

'Bulutangkis Peduli Palu Donggala', Raket Jonathan Christie Dibeli 200 Juta

Senin, 26 November 2018 17:40 Penulis: Guntur Merdekawan

Inul Daratista dan Jonathan Christie / Credit: KapanLagi - Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Meski sudah 2 bulan berlalu, namun gempa besar yang menyerang Palu, Donggala dan Sigi masih menyisakan kesedihan mendalam di benak publik. Berbagai macam dukungan dan bantuan masih terus disalurkan oleh berbagai pihak. Yang terbaru, Komunitas Bulutangkis Indonesia (KBI) menyelanggarakan penggalangan dana, lelang amal dan eksebisi yang diberi judul 'Bulutangkis Indonesia Peduli Palu Donggala' di Fountain Atrium, West Mall Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (24/11).

Pada event sosial itu, sederet pebulutangkis top Tanah Air hadir, seperti Jonathan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Greysia Polii, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsanmelelang. Mereka bakal melelang barang-barang kesayangan seperti jersey dan raket yang pernah mereka pakai saat mengharumkan nama bangsa. Ada pula lelang T-Shirt berisi tanda tangan 6 pebulutangkis Indonesia dengan harga pembukaan 1 juta rupiah.

Ketua KBI, Hariyanto Arbi menuturkan rasa simpatinya pada para korban gempa. Ia juga menjelaskan bahwa aksi 'Bulutangkis Indonesia Peduli Palu Donggala' ini bukan sekedar ajang amal, melainkan juga sebuah pesan penyemangat agar para korban tak pernah menyerah dengan kondisi yang dialami.

"Saya tak bisa membayangkan derita masyarakat yang menjadi korban bencana ini. Hanya dalam hitungan menit, semua yang dimiliki hancur begitu saja. Bencana memang tidak bisa dihindari, tapi semangat tidak boleh mati, inilah pesan dari penggalangan dana yang kami lakukan," ujar Hariyanto di sela-sela acara.

1. Bangun Gelanggang Bulutangkis

Pebulutangskis yang dijuluki Smash 100 Watt ini juga menjelaskan lebih lanjut jika hasil dari penggalangan dana itu nantinya akan digunakan untuk membangun gelanggang olahraga bulutangkis. Selain itu, KBI juga bekerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk mendirikan 3000 rumah bagi korban bencana yang telah kehilangan tempat tinggalnya.

"Dengan adanya tempat tinggal yang dilengkapi sarana olahraga ini, diharapkan bisa sedikit meringankan beban para korban bencana dan mengembalikan keceriaan masyarakat seperti sebelum bencana alam itu terjadi. Sehingga nantinya kehadiran GOR Bulutangkis ini kelak juga bisa menghasilkan atlet-atlet berbakat dari Palu dan sekitarnya," sambung Hariyanto.

2. Berpisah Dengan Raket Penuh Kenangan

Lliliyana Natsir adalah salah satu atlit yang harus rela berpisah dengan raket kesayangannya demi berdonasi. Ia mengaku senang bisa berpartisipasi membantu sesama yang sedang membutuhkan uluran tangan.

"Rasanya senang bisa ikut terlibat di acara yang mudah-mudahan bisa membantu para korban yang butuh bantuan di Palu dan Donggala. Saya akan melelang salah satu benda penting dalam hidup saya, yaitu raket yang selama ini sering saya pakai ketika bertanding dan banyak sekali momen menjadi juara bersama raket itu," ungkap Liliyana.

3. Harapan Anthony Ginting

Hal senada disampaikan oleh Anthony Sinisuka Ginting, sang peraih medali emas di China Open 2018 lalu. Pebulutangkis peringkat 7 dunia ini berharap pembangunan gelanggang olahraga bulutangkis bisa berdampak besar bagi masyarakat korban bencana alam di Palu dan Donggala.

"Semoga nanti dengan adanya gelanggang olahraga bulutangkis itu bisa memunculkan atlet-atlet berprestasi yang kelak bisa mengharumkan nama bangsa. Selain itu, dengan adanya sarana olahraga ini diharapkan juga bisa menghibur masyarakat di sana," imbuh Ginting.

4. Raup 2,1 Miliar Rupiah Lebih

Perwakilan Komite Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin, menyambut baik langkah KBI dalam membangun Palu dan Donggala melalui sarana olahraga. Proses pembangunan infrastruktur itu direncakan mulai awal tahun 2019 mendatang.

"Targetnya proses pembangunan dapat dimulai Januari 2019 dengan estimasi penyelesaian 1 tahun," jelas ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin.

Lelang amal ini juga melibatkan para selebriti, seperti Inul Daratista, Abdee Slank dan Olga Lidya yang saling menawar raket dan jersey para pebulutangkis. Angka lelang tertinggi ditorehkan oleh Inul yang membeli raket Jonathan Christie senilai 200 juta rupiah. Sementara itu, jersey Kevin Sanjaya berhasil dilelang seharga 150 juta juta. Secara keseluruhan, lelang amal ini berhasil mengumpulkan donasi total 2.1 miliar lebih.


REKOMENDASI
TRENDING