SELEBRITI

Cerita Perkembangan Bayi Joanna Alexandra yang Punya Kelainan Genetik

Jum'at, 16 November 2018 11:15 Penulis: Guntur Merdekawan

Joanna Alexandra / Credit: KapanLagi - Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Mei 2017 silam, Joanna Alexandra melahirkan anak keempatnya yang berjenis kelamin perempuan. Namun ada yang tak biasa dengan kesehatan dari sang bayi, di mana dirinya lahir dengan kelainan genetik.

Hal itu membuat perkembangan dari sang buah hati yang bernama Zion itu jadi terhambat. Di usianya yang kini menginjak 1,5 tahun, Zion belum bisa berdiri. Namun berbagai perawatan dan terapi telah dilakukan oleh Joanna demi kesembuhan putrinya.

"Sekarang (Zion) lagi belajar duduk sama merangkak. Lumayan terlambat sih, dia kan memang ada keterlambatan, sekarang 1,5 tahun belum bisa berdiri, belum bisa jalan tapi overall progress-nya sih meningkat. Nggak ada sakit sih, batuk pilek biasa lah gitu tapi semuanya oke," ujar Joanna ketika ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/11).

1. Kejar Keterlambatan

Masih belum diketahui sampai kapan Baby Zion harus menjalani terapi. Namun yang pasti, perkembangan sang buah hati dalam mengejar keterlambatannya cukup signifikan, berkat penanganan dari sang dokter.

"(Terapi) Masih terus jalan seminggu 3 kali, fisioterapi karena kan otot-ototnya Zio memang lemah, jadi harus fisioterapi terus karena goalnya kan bisa jalan. Nggak bilang sih (sampai kapan), pokoknya aku seneng banget sama dokterku itu karena bener-bener nggak mau fokus sama kekurangannya Zio, jadi walaupun emang belum bisa tapi semuanya dikejar sekarang. Zio bisa tengkurap, bisa angkat pantat mulai onggong-onggong, jadi memang semuanya dikejar. Dokter nggak bilang sampai berapa lama, tapi dokternya kan macem-macem, ada yang fisik, ada yang terapi bermain okupasi, jadi memang sekarang lagi difokusin ke fisioterapi," sambungnya.

2. Proses Bertahap

Sudah banyak perkembangan yang ditunjukkan sang buah hati. Proses penyembuhan sendiri tak bisa dilakukan secara menyeluruh, melainkan harus bertahap.

"Jantung oke kok, udah nggak ada lobang lagi, pernafasan juga oke, sedangkan kalo kaki kita memang masih proses, masih pake sepatu, khusus sampe umur 4 tahun. Kalau menurut dokter gitu," pungkas Joan.


REKOMENDASI
TRENDING