SELEBRITI

Cerita Ujung Oppa Mualaf, Bikin Sungkar Family Merinding Terharu

Kamis, 04 April 2019 13:15 Penulis: Guntur Merdekawan

Ujung Oppa mualaf © Instagram/hwangwoojoong

Kapanlagi.com - Dunia Youtube dipenuhi dengan para konten kreator yang memiliki keunikan cerita masing-masing. Seperti salah satunya seorang pria asal Korea bernama Hwang Woo Joong atau yang lebih dikenal sebagai Ujung Oppa. Bagaimana tidak, pria asli Korea itu begitu fasih dalam berbahasa Indonesia. Ia bahkan baru saja masuk Islam alias mualaf.

Pada satu kesempatan, Ujung Oppa diundang untuk kolab dengan The Sungkar Family yang beranggotakan Teuku Wisnu, Shireen Sungkar, Irwansyah dan juga Zaskia Sungkar. Dan pada kesempatan itu, Ujung Oppa pun menceritakan kronologi perjalanannya jadi seorang muslim, dimulai dari awal ketertarikannya pada negara Indonesia.

"Saya dulu pertama ke Indonesia tahun 2004. Karena saya dulu ambil S1 jurusan penerjemahan Bahasa Melayu dan Indonesia di Korea. Gimana negara Indonesia, terus suasana Indonesia seperti apa, pasti saya kepo, penasaran," kenang Ujung Oppa.

1. Pandangan Terhadap Islam

Cerita Ujung Oppa pun berlanjut. Kali ini, Ia menjelaskan bagaimana pandangan pertamanya terhadap Islam yang notabene merupakan agama minoritas di negara asalnya.

"Awalnya nggak tertarik (masuk Islam), soalnya nggak ada info sama sekali di Korea. Di situ, setahu saya yang memeluk agama Islam 0,05% dari seluruh penduduk Korea dan mereka pun sembunyi-sembunyi pengajiannya, mungkin karena agama minoritas kalau di Korea. Jadi saya awalnya nggak tahu tentang agama Islam. Tapi begitu saya punya teman-teman Indonesia, dan sering bergaul, saya sudah terbiasa lihat mereka salat, puasa," sambungnya.

2. Alasan Untuk Bahagia

Sebelum datang dan punya teman-teman dari Indonesia, Ujung Oppa merasa dirinya sama sekali tak pernah menemukan kebahagiaan. Perasaan itu baru mulai dirasakannya saat melihat betapa ramahnya orang-orang Indonesia yang ditemuinya.

"Aku setiap kali ditanya orang-orang, 'Apa yang membuat kamu paling bahagia?', belum pernah jawab karena aku merasa belum pernah bahagia. Tapi setiap kali ketemu teman-teman Indonesia, mereka selalu senyum. Dan itu kerasa banget kebahagiaan mereka. Jadi sejak lama aku penasaran apa rahasianya mereka bisa bahagia. Ini sampai merinding," jelas pria dengan 1,2 juta subscribers itu.

3. Keputusan Mualaf

Dan sampailah pada akhirnya Shireen menanyakan alasan Ujung Oppa untuk masuk Islam. Rupanya pria yang sudah 15 tahun lamanya bolak-balik Indonesia-Korea itu sudah tertarik sejak lama, namun terganjal rasa takut.

"Emang sejak lama aku mengenal itu, tertarik, tapi nggak berani karena banyak larangan, tantangan, jadi saya takut. Belakangan ini, satu atau dua tahun aku sering dengerin shawalat. Pernah nangis denger shalawat, walaupun non-muslim nggak ngerti bahasanya," kenang Ujung Oppa.

Keputusan Ujung akhirnya Oppa akhirnya bulat setelah Ia mendengar cerita dari seorang sahabatnya di Korea yang sudah lebih dulu mualaf dan menikahi wanita muslim asal Indonesia. "Dan sekitar 6 bulan lalu, sahabat aku yang tinggal di Korea, dia jadi mualaf menikah sama cewek Indonesia yang bercadar. Kehidupan dia berubah drastis, walaupun dia dipecat dari kantor karena tiba-tiba hilang untuk salat. Sekarang penghasilannya 0 tapi dia benar-benar bahagia. Karena aku sahabat, aku yang bisa merasakan itu. Itu yang jadi pengaruh utama, yang menggetarkan hati saya. Jadi saya juga memutuskan, saya juga mau jadi bahagia," pungkasnya mantap.

4. Simak Videonya!


Video by: The Sungkars Family

REKOMENDASI
TRENDING