SELEBRITI

Curhatan Pilu Tata Liem, Sempat Bertobat & Kini Kembali Dandan Feminin

Rabu, 20 Februari 2019 21:05 Penulis: Guntur Merdekawan

Tata Liem kembali tampil cantik © KapanLagi

Kapanlagi.com - Seorang artis akan kesulitan untuk dapat job di dunia hiburan tanpa bantuan atau keterlibatan dari manajemen atau manajer artis-nya. Sepenting itulah peran seorang Tata Liem yang diketahui pernah mengorbitkan nama-nama seperti Bella Sophie hingga Ozy Syahputra. Bahkan hingga saat ini, Tata masih terus berusaha mengorbitkan artis-artis berbakat lewat manajemen-nya.

Nah meski sebenarnya berstatus sebagai manajer artis yang notabene banyak menghabiskan waktu di belakang panggung atau layar, Tata nyatanya juga tak jarang disorot. Salah satu alasannya adalah karena penampilannya yang berbeda. Secara terbuka, Tata kerap berdandan cantik layaknya wanita di berbagai acara publik.

Nah sekitar pertengahan 2017 silam, Tata membuat sebuah keputusan besar dalam hidupnya. Pria berusia 43 tahun itu memilih untuk membuang sisi feminine-nya dan jadi laki-laki normal. Bahkan di salah satu acara, Tata sempat berikrar pada Deddy Corbuzier jika dirinya tak akan pernah kembali jadi wanita lagi.

Nyatanya dalam beberapa waktu terakhir ini, pria yang juga berperan dalam film SUSUK POCONG itu terlihat kembali tampil feminine. Bahkan salah satu videonya ketika menyanyikan lagu Payung Hitam milik Iis Dahlia sempat di-repost oleh akun gosip, yang tentunya mengundang berbagai macam cibiran dan cacian.

Kepada KapanLagi.com, Tata pun akhirnya menuangkan segala keluh kesahnya mengenai kegelisahan gender dalam dirinya yang makin lama makin bergejolak. Kenapa Tata memutuskan untuk kembali tampil feminine setelah tampil 'normal' sebelumnya? Simak perbincangan intim kami dan Tata selengkapnya berikut.

 

 

1. Alasan 'Tobat'

Apa yang membuat Tata berniat untuk 'bertobat' dan berbuat baik selama 3 tahun ke belakang?
Tadinya kepikiran karena usia yang tidak muda lagi dan emang harus bisa lebih baik sampai akhir usia nanti, dan stop untuk dandan wanita atau bertingkah aneh lagi. Sejalan-nya waktu 3 tahun ini ujiannya sangat berat sekali, dan mungkin sudah bawaan lahir kalau dunia kewanitaan tidak bisa aku tanggalkan karena keadaan yang menentukan juga saat ini aku dikenal ya karena kewanitaan tersebut. Dan makin sulit aku dapat kerjaan ketika aku menjadi sosok lelaki. Awalnya aku ikhlas, tapi ya lama-lama waktu berjalan, banyak hal dari orang orang yang aku kenal baik semua berubah. Mungkin Zaman sekarang ini ego itu yang buat orang bisa bersikap tidak adil ke kita. Dan itu membuat aku makin berpikir untuk jadi diri sendiri dan nggak mau lagi memikirkan orang lain. Dan aku harus bertahan untuk hidup ini dengan berjuang sendiri, toh orang sekitar juga nggak mikirin kita mau susah hidup kita atau kita senang pun belum tentu sekitar kita suka lihat kita bahagia. Hanya satu, ibuku yang selalu mendoakanku apapun keadaanku sekarang, aku sampai minta maaf ke ibuku kalau aku begini lagi. Hanya satu pesan dia: Lakukan yang buat kamu bahagia, tapi jangan lupa ibadah.

Selama proses 3 tahun berjalan, seperti apa kendala dan cobaan yang dirasakan?
Kendalanya makin sulit karena emang sekarang dunia entertain harus bisa membuat sesuatu yang bisa menarik perhatian masyarakat agar semakin dikenal, kita makin bisa dapat pekerjaan. Selama 3 tahun ini aku pindah ke bisnis, tapi ya mungkin penampilanku ini menjadi kendala, karena di bisnis orang tidak terlalu suka aku seperti dandan dan penampilan yang heboh. Dan itu bertolak belakang dengan kehidupan dari dalam diriku. Makanya aku berontak dan nggak peduli mau orang bilang aku labil atau apalah aku nggak perduli. Toh yang terpenting yang tau diriku hanya tuhan dan aku sendiri. Makanya aku tampil kembali menjadi Tata Liem sebelumnya dan haters pun mulai berdatangan mengkritikku. Tapi ya nggak apa-apa yang penting aku nggak jadi gila gara-gara mau berubah tapi yang kudapatkan bukan kebaikan, mending sekalian aja lah jadi gini. Dan aku merasa puas dengan yang seperti ini.

Hal apa yang membuat Tata paling berat untuk meneruskan niatan ini?
Kondisi keadaan hati yang berkecamuk dengan apa yang terjadi dalam kehidupanku 3 tahun tetakhir ini pengkhianatan, dihina, kesedihan, kehilangan harga diriku dan itu membuat aku berontak. Aku mau terpuruk dan larut dalam kehidupan yang 3 tahun ini atau aku harus maju dan jadi diriku sebelumnya sambil tutup telinga dan nggak perduli omongan orang. Daripada stress, mending aku jadi gila dengan diriku sendiri, toh waktu aku berniat menjadi ingin benar. Tapi kebaikan itu sulit sekaliku dapatkan, apalagi yang terjadi dalam hidupku makin direndahkan orang terdekatku, ya sekarang harus fight dan nggak peduli dengan sekitarku lagi lah. Toh paling kalau nanti mati juga kelar problem hidup ini.

2. Pasrah Hadapi Kenyataan

Seperti apa kedekatan Tata dengan almarhum Fiko (anak angkat) selama masa hidupnya, sehingga Tata menjadi sangat terpukul dengan kepergiannya?
Almarhum Fiko anak angkatku. Itu awal penyemangat aku untuk bangkit dalam dunia manajer artis. Aku terpukul sekali dengan kepergiannya yang dadakan. Dia sempat menjauh setahun karena kerja dan tinggal sendiri karena dekat kantornya. 2 bulan sebelum meninggal dia tiba-tiba dekat sekali sama aku dan hampir tiap hari ketemu dan cerita ini itu. Dia bilang, 'Mommy udahlah lupakan semua dan bangkit kembali, mommy harus seperti dulu lagi'. Tadinya aku bilang, 'Nggak lah harus bertahan seperti ini karena kita harus ikhlas', aku nggak tau dia akan pergi secepat itu. Selama 5 bulan ini aku nangis tiap hari kehilangan semangat dan aku sampai bicara sendiri seakan dia datang dalam kehidupanku. Dan aku sadar aku bisa larut dalam kesedihan ini karena almarhum anakku juga pengen aku bangkit seperti dulu, makanya aku dandan, malam-malam make up dan bawakan lagu Payung Hitam Iis Dahlia karena lagu itu pas sekali dengan yang terjadi dalam hidupku liriknya. Dan semua temenku bilang, 'Kamu frustasi kah?'. Aku jawab, aku tidak frustasi, tapi aku ingin menikmati kegilaan hidup ini aja. Banyak orang bersikap gila terhadap hidupku, ya sekarang aku jadi kayak orang gila aja lah.

Bagaimana tanggapan keluarga dan teman-teman terdekat dengan perubahan Tata sekarang?
Mereka kaget dan menyadarkan jangan kalah dengan ujian. Tapi aku bilang inilah aku, yang terpenting ibadahku tetap sebagai kewajibanku sama Tuhan-ku.

Ke depannya, Tata punya rencana apa baik di karir maupun personal?
Ke depan-nya pengen cepat mati aja lah, biar nggak pusing menghadapi dunia ini lagi. Sudah pasrah aja, karena berharap baik juga nanti malah kita jadi nggak sadar dan terlena kalau nggak sesuai harapan. Nggak tau hidup sampai kapan, aku mungkin akan cari kerjaan di entertain kayak dulu lagi dan prinsip aku yang penting halal. Walau dandan kayak wanita yang penting berkah dari hasil kerja halal. Mending bertahan susah karena ada skill lain yang bisa kita olah untuk hasil yang bagus buat karir kita. Aku sudah capek berusaha untuk hidup orang lain, sekarang aku ingin menyelamatkan diriku untuk sisa hidupku. Bukan membangkit apa yang kita sudah buat baik ke orang, tapi balasannya malah membuat harga diriku rendah dan jatuh. Tapi aku jadikan pelajaran penting buat hidupku.

3. Ganti Kelamin?

Sempat disindir akun gosip akan mencium kaki Deddy Corbuzier akan berjanji tidak berdandan lagi, tanggapan Tata?
Ya kalau suruh cium kaki, kalau mas Deddy mau ya aku harus lakukan. Tapi aku tau lah Mas Deddy juga seorang mentalist yang tau apa sisi hidup kita, kenapa aku seperti ini lagi. Kalau dipikir dari sisi negatif-nya ya netizen paling pintar lah menuding ini dan itu. Kalau dari positif-nya kan aku bawakan lagu dari artis lawas. Ya mungkin anak sekarang harus tau bahwa lagu atau artis lawas tersebut pernah hits lagu nya. Seperti almarhum Nike Ardilla, eyang Titiek Puspa, Ratih Purwasih sampai nanti Lilis Suryani lagu Gang Kelinci aku akan bawakan. Aku yakin Mas Deddy juga nggak mungkin mau lah aku mencium kakinya juga. Dan aku harap dia juga maklum, kan dunia hitam putih seperti aku ini dia paling hapal sifatnya. Tapi dia pasti tau aku seperti apa, kan dia mentalis.

Ta, satu pertanyaan lagi ya. Dengan kepribadian dan jiwanya Tata yang memang suka berdandan wanita, apa Tata pernah punya pemikiran untuk mengganti jenis kelamin dan benar-benar menjadi wanita?
Untuk ganti kelamin sudah telat karena besok usiaku sudah 43 tahun persis. Kalau pangeran Brunei atau Raja Arab yang kaya mau kawinin aku tapi syaratnya harus operasi kelamin mungkin aku lakukan hahahaha. Sekarang ya, buat apa menyiksa diri lagi dari kehidupan ini aja sudah capek menjalankannya, cukup dandan kewanitaan juga hilang stress dan aku lakukan ini juga hanya untuk sebuah performance saja, hari biasa tetap harus lebih cool. Karena operasi kelamin itu efeknya nanti tuanya gimana ya dan belum lagi kalau kita meninggal, terus yang mandiin laki atau perempuan kan bingung. Sekarang aja banyak orang stress ketika memasuki usia nggak muda lagi seperti aku ini, apalagi kalau operasi kelamin. Wah kalau aku dulu operasi kelamin masih muda, sekarang punya masalah seperti ini, bunuh diri ajalah mendingan. Udah operasi kelamin, disakiti laki-laki, diporotin pula, terus tua menderita. Aku bersyukur masih utuh jadi laki-laki karena kalau kembali ke sang pencipta masih utuh sebagai laki.

 

Curahan hati Tata Liem kepada Kapanlagi.com pun berakhir dengan keputusan bulat untuk mengikuti kata hati, meski resiko cacian dan cibiran akan terus berdatangan untuk sosok Tata.

Bagaimana tanggapan KLovers terkait keputusan Tata ini?


REKOMENDASI
TRENDING