SELEBRITI

Debut Lagu Perdana 'You Were A Friend', Caitlin Halderman Menciptakannya Cuma 30 Menit

Senin, 14 September 2020 18:39 Penulis: Canda Dian Permana

Caitlin Halderman (credit: Dokumentasi Pribadi)

Kapanlagi.com - Banyak film yang diperankan oleh aktris muda Indonesia Caitlin Halderman. Selain menjadi aktris, wanita muda cantik berusia 20 tahun ini juga pernah mengisi lagu tema di beberapa filmnya seperti dengan Ada Cinta Di SMA (2016) dan masih banyak lagi.

"Aku tuh biasanya ngeluarin lagu untuk men-support film-filmku. Sampai satu ketika, persahabatanku terpaksa berakhir. Hal ini ternyata mengubah pribadiku, pola pikirku, cara pandangku, semuanya. Jujur, ini ga mudah untuk aku lewatin, sampai sekarangpun. Terus tiba-tiba kepikiran: kalau one day aku merilis lagu perdanaku, maka lagunya harus tentang ini", buka Caitlin dengan mata yang berkaca-kaca.

Nggak hanya menjadi aktris dan mengisi soundtrack pada film-filmya, Caitlin Halderman juga debut lagu perdananya berjudul 'You Were A Friend' (#YWAF) yang di mana lagu tersebut diciptakan cuma 30 menit.

"Lagu #YWAF ini dibuat hanya 30 menit. Yang lama tuh di curhatnya, nangisnya, dan diskusi tentang arah lagunya, itu sekitar 4-jam-an. Keterbukaan Caitlin untuk cerita kesedihannya, marahnya, dan perasaan rapuh merasa "dibuang" gitu aja oleh temannya memudahkan aku untuk bisa relate langsung. Dan waktu demo lagunya jadi, it was an instant yes from Caitlin", buka Karel.

"Lewat lagu #YWAF ini aku mau berbagi: semua orang pernah bikin salah, tapi jangan sampai cuma karena 1 kesalahan, kita melupakan 1000 kebaikannya, apalagi sampai gak mau temenan lagi. This is not right, and hurt me a lot", lanjut Caitlin.

 

 

 

1. Jalankan Project Nggak Setengah-Setengah

Pada lagu debut pertamanya, dr.m yang juga label rekaman Caitlin mengajak Mikha Angelo dan Reuben Nathaniel (The Overtunes) untuk membantuk pada project #YWAF tersebut.

"Kebetulan aku ngikutin karya-karya Karel, dan pengen banget suatu hari kerja bareng dia karena aku belum pernah nemuin songwriter pop yang stylenya kaya dia; yang justru aku suka banget. Jadi pas pertama dikontak pihak label (dr.m) untuk tawaran berkolaborasi bareng Karel, apalagi sama Caitlin, aku sih excited banget ya", ujar Mikha, dan diamini juga oleh Reuben.

Lanjutnya, ada aransemen unik dalam lagu #YWAF yang di aman lagu tersebut akan ada perkusi dari ballpoint, penggaris, dan capo gitar. Hingga penggarapan #YWAF harus lebih cepat sebelum Caitlin kuliah di San Fransisco, Amerika.

"Sudah mepet, ditambah lagi aku butuh 1 hari tambahan untuk merekam vokal. Ini karena di hari pertama aku beberapa kali nangis di tengah-tengah rekaman sampai titik dimana suara aku bener-bener hilang, dan gak bisa lanjut. Iya, lagu ini segitunya buat aku, sampai aku gak bisa nahan emosi", lanjut Caitlin.

2. Harapan Caitlin

Selain itu, Caitlin sendiri mempunyai harapan pada lagu #YWAF. Ya, wanita berdarah Belanda - Indonesia ini ingin lagu atau video nantinya bisa relate ke dua pihak yang ninggalin atau ditinggalkan oleh temannya.

"Harapanku, baik isi lagu, ataupun video #YWAF ini bisa relate ke dua pihak: baik yang pernah ninggalin temannya ataupun yang di tinggalin temannya. Kedua pihak ini harus tau, yang bikin sakit hati tuh gak cuma putus cinta, tapi juga persahabatan yang berakhir; yang harusnya ga terjadi. Buat aku pribadi, ini lebih sedih, karena temanku ini udah aku anggap keluarga sendiri. So yeah...", tutup Caitlin dengan mata yang kembali berkaca-kaca.

3. Dibantu Francis Karel

Proses penulisan lirik lagu yang dirilis pada Senin (14/9/2020) ini ternyata juga dibantu oleh Francis Karel. Hal ini diketahui dari unggahan Francis di akun Tik Tok pribadinya. Ia mengungkapkan bahwa lagu ini memiliki proses penulisan lirik paling emosional baginya.

"Aku telah mengenalnya selama lebih dari 6 tahun dan yang bisa kukatakan adalah bahwa ini menjadi sesi penulisan paling emosional yang pernah kualami," tulisnya dalam video Tik Tok tersebut.

4. Nikmati Video Klipnya Ini

(kpl/prl/nda)


REKOMENDASI
TRENDING