SELEBRITI

Fakta Unik Jokowi, Rumah Kena Gusur Hingga Bantu Ibu Jualan Kayu

Jum'at, 12 April 2019 15:15 Penulis: Guntur Merdekawan

Youtube © Presiden Joko Widodo

Kapanlagi.com - Lewat channel Youtube-nya, Presiden RI Jokowi mengunggah sebuah video animasi yang menceritakan kehidupannya semasa kecil. Seperti diketahui, orang nomor 1 di Indonesia ini tidak lahir dari keluarga kaya raya atau terpandang, melainkan yang biasa-biasa saja.

Ayah Jokowi merupakan seorang penjual kayu dan bambu, sementara ibunya bantu-bantu di rumah. Jokowi sendiri merupakan sulung dari 4 bersaudara, di mana ketiga adiknya berjenis kelamin perempuan.

Kehidupan Jokowi dan keluarga pun diceritakan penuh perjuangan. Rumahnya bahkan sempat kena gusur karena pihak pemerintah daerah akan membuat fasilitas kota.

1. Kena Gusur

Setelah kena gusur, tidak ada kejelasan dari pihak pemda mengenai nasib dari Jokowi dan keluarga. Kala itu, Jokowi dan kelaurga pun terpaksa harus numpang tinggal di rumah sang paman.

Setelah 'terusir', Jokowi dan keluarga harus memulai perjuangannya dari 0 lagi. Namun cobaan itu tak lantas membuat mereka putus asa begitu saja. Mereka malah lebih gigih dalam berjuang bangkit dari keterpurukan.

Sang ayah jadi sopir angkutan umum, sementara usaha jualan kayu di pasar dilanjutkan oleh sang ibu. Jokowi pun turun tangan untuk membantu ibunya jualan kayu di pasar.

2. Usaha Membuahkan Hasil

Pada akhirnya, perjuangan Jokowi dan keluarga membuahkan hasil. Sang bapak dengan uang hasil jerih payahnya membangun usaha sendiri yang secara perlahan tumbuh besar dan bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

"Kami sekeluarga menjalankan hidup tanpa mengeluh dan saling mengalirkan energi positif. Bersama-sama, kami berjuang untuk tidak lagi menumpang. Kerja keras tidak pernah sia-sia. Bapak bisa membuka bengkel usaha kayu. Setelah beberapa tahun, akhirnya uang bisa terkumpul untuk membeli rumah sederhana," ujar Jokowi dalam narasinya.

3. Simak Videonya!


Video by: Presiden Joko Widodo

REKOMENDASI
TRENDING