Fla Eks Tofu Ternyata Jadi Dubber Sejak Puluhan Tahun

Sabtu, 18 Juni 2016 00:38 Penulis: Rahmi Safitri
Fla Eks Tofu Ternyata Jadi Dubber Sejak Puluhan Tahun Fla Priscilla © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto
Kapanlagi.com - Masih ingat Fla Priscilla? Dulu dia dikenal vokalis wanita dari grup Tofu yang sempat populer dengan lagu Cinta Semu. Lama menghilang, Fla ternyata kini punya profesi sebagai seorang dubber atau pengisi suara untuk iklan komersial.

Menurut Fla, pekerjaan sebagai seorang dubber cukup menjanjikan. Dia pun sudah menjadi pengisi iklan untuk berbagai produk, bahkan ternyata suaranya cukup sering lho tanpa sadar kita dengar.

"Jadi seorang dubber di Indonesia menjanjikan. Saya nggak ngomongin saya, tapi dubber senior, mereka bisa hidup dan memenuhi kebutuhan keluarga dari dubber. Dubber itu memang banyak yang nggak tahu tapi sama profesinya seperti dokter hewan, pengacara. Orang mengira freelance tapi itu profesi," kata Fla ditemui di pemutaran perdana JURASSIC WORLD versi dubbing bahasa Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis malam (16/6).

Jadwal Fla jadi dubber iklan cukup padat © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoJadwal Fla jadi dubber iklan cukup padat © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

"Hampir semua produk kecantikan memakai suara saya. Mungkin sudah ribuan saking banyaknya. Satu iklan aja ada yang pakai suara saya dari 1999 sampai sekarang. Kadang mereka membuat iklan adaptasi (iklan regional dari negara tertentu) dalam beberapa cut version 45, 35, 19 dan 5 detik," lanjutnya.

Dalam sehari, Fla bisa mengisi suara tiga sampai lima iklan. Gara-gara terlalu sering, jadwal Fla untuk jadi pengisi suara iklan cukup padat dalam seminggu. Mau tahu iklan apa saja yang sudah diisi suaranya oleh Fla?

"Rexona, Clear, Roma Malkist, banyak banget bingung aku juga nyebutnya. Kalau naik Lion Air saat pramugari memeragakan pasang seatbelt itu suara saya, lalu dikontrak untuk suara provider dan suara TV berbayar. Pernah kontrak eksklusif di salah satu provider, nggak boleh isi buat provider lain," pungkasnya.

(kpl/abs/pit)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING