FOTO: Jadi Sepasang Kekasih, Reza Rahadian Cium Chelsea Islan

Kamis, 25 Agustus 2016 07:15 Penulis: Rahmi Safitri
FOTO: Jadi Sepasang Kekasih, Reza Rahadian Cium Chelsea Islan Reza Rahadian dan Chelsea Islan © KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Dua pemain film berbakat Indonesia, Reza Rahadian dan Chelsea Islan, terlibat dalam pementasan berjudul Bunga Penutup Abad yang diadaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa. Dalam media preview yang digelar di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (24/8) malam, akting Reza dan Chelsea patut diacungi jempol.

Dalam teater ini, Reza berperan sebagai Minke, sedangkan Chelsea sebagai Annelies yang merupakan sepasang kekasih. Dalam teater besutan Wawan Sofwan ini juga didukung dengan penampilan dua pemain senior lain, Happy Salma sebagai Nyai Ontosoroh atau ibu Annelies dan Lukman Sardi sebagai Jean Marais, seorang mantan serdadu yang beralih profesi sebagai pelukis asal Prancis.

Salah satu adegan yang paling membuat penonton ternganga adalah saat Minke (Reza Rahardian) mencium bibir Annelies. Tak hanya sekali, tapi dua kali Minke mencium Annelies. Pertama, di saat keduanya pertama kali bertemu di rumah Annelies. Dalam adegan itu diceritakan Minke terpesona dengan kecantikan Annelies dan tak berhenti memuji kecantikannya. Kedua, saat Nyai Ontosoroh akhirnya tahu kalau Minke mencium Annelies. Akhirnya, Nyai Ontosoroh meminta Minke mempraktikkan bagainya ia mencium Annelies di depannya.

Reza dan Chelsea berciuman © KapanLagi.com®/Mathias PurwantoReza dan Chelsea berciuman © KapanLagi.com®/Mathias Purwanto

Di luar adegan ciuman tersebut, kuartet Reza Rahadian, Chelsea Islan, Happy Salam, dan Lukman Sardi memang mampu membuktikan kualitas akting mereka. Terutama Lukman yang harus berlogat Prancis dan pincang. Mereka mampu membius penonton dalam media preview selama 150 menit. Teater ini bakal dipentaskan untuk umum selama tiga hari, yakni pada tanggal 25-27 Agustus 2016 di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat.

Secara garis besar teater Bunga Penutup Abad menceritakan tentang kehidupan Nyai Ontosoroh dan Minke setelah kepergian Annelies ke Belanda. Khawatir dengan keberadaan Annelies, Nyai Ontosoroh mengutus seorang pegawainya untuk menemani kemana pun Annelies pergi, bernama Robert Jan Dapperste atau Panji Darman yang selalu mengabarkan lewat sepucuk surat. Setiap surat yang dibaca membuka pintu nostalgia antara Minke, Annelies, dan Nyai Ontosoroh mulai dari awal pertemuan hingga Annelies harus ke Belanda karena Nyai Ontosoroh digugat oleh anak tirinya.

Cerita berakhir beberapa saat ketika Minke mendapat kabar dari Panji Darman kalau Annelies meninggal. Lalu, Minke meminta ijin kepada Nyai Ontosoroh untuk pergi dari Surabaya menuju Batavia (Jakarta) untuk mengejar sekolah dokter. Ke Batavia, Minke membawa lukisan potret Annelies yang dilukis sahabatnya, Jean Marais. Lalu, lukisan itu diberi nama Bunga Penutup Abad oleh Minke.

(kpl/pur/pit)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING