Gerakan Pulang ke Desa Sukses Gemparkan IdeaFest 2015

Minggu, 09 Agustus 2015 12:45 Penulis: Wulan Noviarina
Gerakan Pulang ke Desa Sukses Gemparkan IdeaFest 2015 IdeaFest @KapanLagi.com®/Adi Abbas Nugroho
Kapanlagi.com - Sejak April 2015 IdeaFest menggagas kompetisi 'Ide Untuk Indonesia' di mana mereka mengumpulkan ratusan ide bisnis yang memiliki dampak sosial. Setelah melewati banyak tahap, akhirnya terpilih tiga finalis dengan ide menjanjikan yang dipresentasikan kepada juri untuk dinilai mana yang layak menang.

Tiga orang terpilih adalah Aang Permana dengan ide bertajuk Empang Kuring Land. Ini merupakan inisiatif Aang untuk mengajak masyarakat kota berinvestasi di bidang perikanan dengan menawarkan petak empang untuk dikelola masyarakat desa dengan sistem bagi hasil.

Ide kedua digagas Putri Lestari dengan tajuk Kenali Nusantara. Ia memiliki misi mengajak anak Indonesia benar-benar bangga akan ragam budaya bangsa melalui program pertukaran pelajar antar daerah.

Terakhir ada Gerakan Pulang ke Desa milik Anang Setiawan. Gerakan ini muncul atas keprihatinannya melihat banyak pemuda desa merantau ke kota untuk mencari kerja. Lewat misinya, ia ingin mengajak pemuda-pemuda tersebut menjadi entrepreneur dengan para investor dengan metode beli saham.

Anang saat dinobatkan sebagai pemenang IdeaFest 2015. @KapanLagi.com®/Adi Abbas NugrohoAnang saat dinobatkan sebagai pemenang IdeaFest 2015. @KapanLagi.com®/Adi Abbas Nugroho

Setelah melakukan presentasi dan dinilai oleh para juri yang salah satunya adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Anang terpilih sebagai pemenang utama. Sementara Aang dan Putri berada di posisi kedua dan ketiga.

Anang mendapatkan dana funding senilai Rp 100.000 juta. Selain itu ia akan menikmati perjalanan ke UK bersama British Council dan inkubasi oleh Gerak Cepat selama 4 bulan.

Selain Ahok, Andy F Noya dan Veronica Colondam sebagai juri, acara IdeaFest 2015 juga diramaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ben Soebiakto selaku festival director mengaku senang bila acara dua tahunan ini mampu melahirkan sosok yang pada akhirnya bisa menginspirasi banyak orang.

"Senang sekali tahun ini dapat sambutan luar biasa. Kita berharap IdeaFest mampu memberi inspirasi dan setelah dua tahun ada sosok yang lahir dengan ide baru untuk membangun bangsa melalui kreativitas. Kita harus jadi negara yang tidak hanya memiliki banyak konsumen tapi kreator," ucapnya di JCC Senayan, Sabtu sore (8/8).

(kpl/abs/phi)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING