Gesang Pantas Jadi Pahlawan Nasional

Senin, 06 September 2010 07:31 Penulis: Yunita Rachmawati
Gesang Pantas Jadi Pahlawan Nasional Gesang
Kapanlagi.com - Semangat almarhum Gesang masih terasa hingga saat ini. Pencipta lagu Bengawan Solo tersebut masih mendapat tempat spesial di hati para penggemarnya. Seperti para Pecinta Gesang dari Jepang yang mendukung dan mengusulkan Gesang Martohartono, Sang Maestro Keroncong Indonesia yang wafat pada 20 Mei 2010 untuk mendapatkan anugerah gelar pahlawan Nasional.

Henry Soelistyo, Sekertaris Umum Perhimpunan Masyarakat HAKI Indonesia, di Solo, Minggu (5/9), mengatakan secara faktual Gesang memenuhi syarat yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2009 tentang gelar pahlawan, tanda jasa, dan tanda kehormatan.

Henry menjelaskan, syarat yang diatur dalam undang-undang tersebut di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI) yang berjuang di wilayah kesatuan Indonesia memiliki integritas moral dan keteladanan.

Selain itu, jiwa nasionalisme yang tinggi, mempunyai hubungan dengan jangkauan yang luas hingga internasional, serta tidak pernah melakukan perbuatan tercela. Dan semua kriteria tersebut dimiliki oleh Gesang. Maka dari itu, Henry mengatakan pihaknya mendukung atas usulan Gesang sebagai Pahlawan Nasional.

Dukungan tersebut datang dari usulan berbagai pihak di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat, berbagai kalangan seniman dan pemkot Solo serta disambut baik oleh Menteri Sosial, Salim Segaf Aljufri.

Dia juga mengatakan, para pencipta karya perlu diberi perlindungan hak cipta. "Dengan memberikan Gesang anugerah Pahlawan Nasional, diharapkan hak cipta mendapat perlindungan negara," katanya.

Berkaitan dengan usulan gelar pahlawan pada Gesang, lanjut Henry, pihaknya menyampaikan dukungan tersebut di Taman Gesang Jurug dengan 16 orang Jepang beserta jajaran terkait dan akan mengirimkan surat kepada Menteri Sosial agar menjadi bahan pertimbangan.

"Surat pengusulan tersebut telah siap dan tinggal dilengkapi oleh Lembaga Collecting Management Organisation Jepang (JASRAC)," terangnya.

Dia mengatakan, sebelum tanggal 10 September 2010 diharapkan surat usulan tersebut diterima oleh Menteri Sosial.  

(ant/boo)


REKOMENDASI
TRENDING