SELEBRITI

Heboh Sinetron 'Zahra' Dibintangi Anak di Bawah Umur, Pihak KPI Minta Pergantian Pemeran

Rabu, 02 Juni 2021 14:24

Sinetron Zahra &opy;Indosiar

Kapanlagi.com - Sinetron Zahra yang ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar menuai kecaman dari masyarakat. Penyebabnya, sang pemeran utama bernama Lea Ciarachel Forneaux masih di bawah umur namun melakoni peran dewasa.

Kepada KapanLagi.com, Komisioner KPI Pusat Bidang Kelembagaan Nuning Rodiyah mengungkap sudah mengkaji sinetron tersebut setelah banyak pengaduan masyarakat. Ia pun menghimbau dilakukan pergantian pemeran.

"Tuntutannya kalau bagi saya harus evaluasi pemeran. Karena memperkerjakan anak di luar kapasitas mereka, yaitu memerankan istri ketiga dan sebagainya, itu bukan kapasitas anak. Mereka tidak boleh dibebani oleh peran di luar kapasitas," kata Nuning saat dihubungi pada Rabu (2/6/2021).

1. Menyerahkan Pada Rumah Produksi

Pergantian pemain ini tentu akan mengubah strukur penceritaan. Namun pihak KPI merasa hal tersebut bisa diakali oleh stasiun televisi dan pihak rumah produksi.

"Sebenarnya kita sudah komunikasikan dengan lembaga penyiaran dan mereka mengevaluasi akan mengganti pemerannya. Pihak KPI prinsipnya meminta pemeran itu dievaluasi. Entah diganti, entah diubah ceritanya atau apa bagaimana. Tentu teman-teman rumah produksi dan lembaga penyiaran bisa tahu bagaimana," lanjut Nuning.

 

2. Komit Pada Isu Perlindungan Anak

Meski tidak menjadi kewenangan KPI, namun Nuning Rodiah merasa peran melindungi anak harus dilakukan oleh siapapun. Ia pun telah berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

"Meskipun itu bukan kewenangan KPI, tapi KPI komit pada isu perlindungan anak bahwa memperkerjakan anak atau memerankan anak dalam sebuah seni peran itu juga harus melihat berapa umur, kapasitas anak, dan jangan diberikan peran-peran yang akan memberi dampak pada tumbuh kembang fisik maupun psikologis anak. Kita sedang melakukan kajian itu dan berencana koordinasi dengan KPAI," tutupnya.

 

(kpl/abs/dwn)


REKOMENDASI
TRENDING