SELEBRITI

Hotman Paris Sebut RUU KUHP Kacau dan Teraneh di Dunia

Kamis, 26 September 2019 10:45 Penulis: Guntur Merdekawan

Hotman Paris Hutapea © KapanLagi/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP) menuai kontroversi besar-besaran. Beberapa pasal di dalamnya dianggap tak masuk akal hingga memicu protes besar-besaran. Mahasiswa dari berbagai universitas turun ke jalan untuk menyerukan kekecewaannya. Mereka menuntut agar DPR membatalkan RUU tersebut.

RUU KUHP juga tak luput dari sorotan para publik figur, seperti salah satunya Hotman Paris. Melalui akun Instagram pribadinya, pengacara tajir itu secara blak-blakan menyebut jika RUU KUHP, khususnya pada draft pasal 100 sangat aneh.

"RUU KUHP adalah draft undang-undang teraneh di dunia," terang Hotman di akun Instagramnya, Rabu (25/9).

1. Komentari Pasal 100

Seperti diketahui, pasal 100 dalam draft RUU KUHP mengatur tentang masa percobaan hukuman 10 bulan bagi terdakwa hukuman mati. Hotman pun menjabarkan pendapatnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dr. Hotman Paris Hutapea SH MH (@hotmanparisofficial) on Sep 24, 2019 at 7:37pm PDT

"Saya baca ini draf di Pasal 100 menjatuhkan pidana mati dengan masa percobaan 10 tahun jika peran terdakwa dalam tindak pidana tidak terlalu penting. Ya kalau tidak terlalu penting kenapa hukuman mati. Ini benar-benar gak masuk di akal gue. Seseorang dijatuhi hukuman mati dengan masa percobaan 10 bulan jika peran terdakwa tidak terlalu penting" paparnya.

2. Hotman Paris Sebut RUU KUHP Kacau

Hotman lantas mempertanyakan siapa dan bagaimana proses dari pembuatan RUU KUHP tersebut. Pasalnya, beberapa pasal yang disebutkan di dalamnya memang sangat kacau.

"Ya tidak terlalu penting kenapa di hukuman mati? Haduh kacau nih. Benar-benar ini bukan karya dari praktisi hukum. KUH Pidana mengandung filsafat hukum yang sangat tinggi dan perlu pengalaman yang sangat lama," tutup Hotman.


REKOMENDASI
TRENDING