'I AM SHEMALE', Pengakuan Millen Daru Soal Keluarga & Bullying

Senin, 07 Agustus 2017 17:35 Penulis: Soraya
'I AM SHEMALE', Pengakuan Millen Daru Soal Keluarga & Bullying Millen Daru © istimewa

Kapanlagi.com - Fenomena transgender di Indonesia memang masih menjadi bahan perbincangan yang tabu. Namun ternyata, sudah ada sederet nama selebriti yang berani mengubah jenis kelaminnya menjadi seorang wanita. Di antaranya ada Dorce Gamalama dan Solena Chaniago.

Meski begitu, sebutan transgender untuk Dorce dan Solena ini adalah hal yang salah. Mereka yang sudah melakukan operasi kelamin sebenarnya lebih tepat diberi julukan transeksual sama seperti ayah tiri Kim Kardashian yang bernama Caitlyn Jenner.

Sebaliknya, selebriti seperti Dena Rachman lebih pas disebut sebagai transgender karena ia belum melakukan operasi ganti kelamin hingga saat ini. Nggak cuma Dena, baru-baru ini selebgram sekaligus ponakan Ashanty yang bernama Millen Daru juga kerap menjadi bahan perbincangan.

Millen, ponakan Ashanty yang suka makeup dan berpenampilan feminin © instagram.com/millencyrusMillen, ponakan Ashanty yang suka makeup dan berpenampilan feminin © instagram.com/millencyrus

Bukan tanpa alasan, pasalnya cowok yang dikenal dengan nama Millen Cyrus ini memang tampak berbeda. Nggak cuma doyan muncul dengan wajah penuh makeup, ia juga kerap berdandan feminin dan memakai outfit yang biasa dikenakan kaum hawa.

Sukses jadi sorotan dan bahan bullying di media sosial, Millen pun tak pernah ambil pusing soal para haters-nya. Sebaliknya, ia justru ingin menyebarkan pesan positif dan membuat pengakuan lewat sebuah video yang baru saja diunggah dalam akun YouTube-nya bersama Naka.

Video by: Naka & Millen

Dalam video berdurasi 14 menit 34 detik itu, Millen menyampaikan semua isi hatinya di depan kamera. Berniat menyebarkan pesan No Hate Only Love, ia pun akhirnya mengakui jika dirinya adalah seorang transgender atau yang biasa disebut publik sebagai shemale.

Mengawali curhatannya, Millen pun mengungkapkan, "Aku dari kecil sudah merasakan perbedaan. Aku anak yang aktif, aku anak yang paling bersosialisasi, ceria, unik, dan berbeda dari yang lain tentunya. Kalau di kelas, paling suka ribut sama guru. Karena aku orangnya emosian, dan suka kesel banget sama anak yang suka ngatain dan gangguin aku kalau di kelas. 'Banci lo'. Gue nggak suka dikata-katain gitu. Langsung aku ribut dan aku kesel, ya akhirnya aku berantem. Dipanggil Kepala Sekolah dan bla bla bla, akhirnya aku pindah sekolah. Dan aku merasa kenapa sih nggak ada yang bisa ngertiin gue? Perubahan aku ini nggak gampang."

Millen kala mengungkapkan masa kecilnya © YouTube.com/Naka & MillenMillen kala mengungkapkan masa kecilnya © YouTube.com/Naka & Millen

Melalui perjalanan yang panjang, Millen pun akhirnya memberanikan diri untuk terbuka pada teman-temannya saat duduk di bangku SMA. Meski awalnya sulit, namun Millen bersyukur karena para sahabatnya bisa mengerti dan menerima Millen apa adanya.

Sejak saat itu, Millen mulai memberanikan diri untuk menunjukkan siapa dia sebenarnya. Namun ternyata dalam perjalanannya, Millen masih mengalami bullying di sekolah dan juga tantangan terbesar yaitu bicara pada keluarga.

"Keluarga salah satu yang paling aku sayangin semuanya, keluarga besar apalagi. Even mereka tidak bisa menerima, tapi aku akan buktiin ke mereka kalau aku bisa sukses di jalan seperti ini dengan aku yang seperti ini," tutur cowok yang punya nama asli Muhammad Millendaru Prakasa Samudero itu.

Millen berharap agar keputusannya ini bisa diterima keluarganya, tak terkecuali Ashanty © instagram.com/millencyrusMillen berharap agar keputusannya ini bisa diterima keluarganya, tak terkecuali Ashanty © instagram.com/millencyrus

Saat ditanya soal bagaimana rasanya menjadi keponakan dari salah seorang publik figur, Millen pun mengaku merasa tidak nyaman. Bukan karena Ashanty ataupun masa transformasi yang dilaluinya, melainkan berbagai hujatan netizen yang tiada henti.

Meski begitu, kini Millen benar-benar merasa lega dan bahagia. Memilih jalan hidup sesuai keputusannya sendiri, fans berat Miley Cyrus ini juga bersyukur karena kesempatan karirnya semakin terbuka lebar. Dari hujatan jadi berkah, Millen ingin menunjukkan jika ia bisa dan mampu menjadi sukses.

Tak ketinggalan, Millen juga sempat memberikan pesan untuk para haters-nya. Di sanalah ia menyampaikan, "Kenalin aku seperti apa, baru kalian bisa ngomong aku tuh orangnya kayak apa. Dan menurut aku, haters itu sayang sama aku. Terima kasih untuk attention-nya, masukannya, even itu positif atau negatif, aku nggak pernah berpikir apa-apa. Yang penting aku ambil baiknya aja, hikmahnya."

"Berkatalah baik atau diam," Millen menutup pesannya untuk haters. © instagram.com/millencyrus"Berkatalah baik atau diam," Millen menutup pesannya untuk haters. © instagram.com/millencyrus

Di akhir video, Millen mengundang 2 orang sahabatnya yang ikut buka suara seperti apa sosok Millen yang sebenarnya. Di sanalah terungkap jika sebenarnya ia adalah orang yang baik, asyik, dan nggak seburuk apa yang dibayangkan banyak orang.

Seperti kata Millen, "Enjoy your life, it's your choice." Lewat video ini pula ia ingin menyebarkan pesan no hate only love, stop bullying dan cyber bullying, serta pemikiran jika sebenarnya semua manusia itu sama dan diciptakan secara berbeda-beda.

(kpl/sry)

Editor:

Soraya


REKOMENDASI
TRENDING