Ilham Bintang: Kalau Tak Siap, Silahkan Keluar

Rabu, 28 Juli 2010 19:50 Penulis: Anton
Ilham Bintang: Kalau Tak Siap, Silahkan Keluar Ilham Bintang, Sekretaris Dewan Kehormatan PWI
Kapanlagi.com - Terkait dikeluarkannya fatwa haram infotainment oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyatakan dukungannya. Ilham Bintang, Sekretaris Dewan Kehormatan PWI, menegaskan bahwa para wartawan harus menghindari pemutarbalikkan fakta dalam penulisan sebuah berita.

"Tidak boleh memberitakan gosip yang memutarbalikkan fakta, mengumbar aib orang lain. Itu yang harus diperhatikan teman-teman. Saya terang-terangan mengutarakan ini. Kalau Anda tidak siap dengan ini, silakan ambil sikap untuk segera keluar dari komunitas pers," tegas Ilham dalam sebuah konferensi pers soal fatwa haram MUI atas infotainment, di Pondok Indah, Rabu (28/7).

"Pernyataan sikap PWI juga sudah mendapat penguatan dari Dewan Pers, bahwa infotainment harus tunduk pada kode etik jurnalistik dan dikuatkan lagi oleh fatwa MUI. Itu adalah jalan keluar untuk tetap eksis," lanjutnya.

Ilham menjelaskan, lembaga MUI adalah lembaga yang paling mengerti pekerjaan wartawan, karena setelah mengeluarkan fatwa MUI masih mengeluarkan kemungkinan bahwa fatwa ini mungkin bisa batal dengan alasan seperti kasus Ariel yang harus diberitakan karena untuk melindungi masyarakat.

"Berita kawin juga boleh diberitakan karena itu sesuai sunnah nabi, begitu pula dengan perceraian, karena ini berkaitan dengan hukum. Yang tidak boleh itu jika dibumbui dengan narasi yang jahat tidak sesuai fakta. Anda juga tidak boleh bertanya yang sifatnya provokatif," paparnya.

Ia berharap bahwa setelah keluarnya fatwa ini, tayangan infotainment akan lebih bermutu.

"Pencapaian infotainment pencapaiannya luar biasa, bahwa infotainment satu-satunya yang eksis selama 15 tahun. Ini harus dijaga, jangan lagi ada pelanggaran karena saya tidak akan segan akan mengeluarkan Anda dari komunitas pers dan jika melanggar hukum saya tidak akan segan melaporkan Anda ke Polisi," ancamnya.     

(kpl/gum/bun)

Editor:

Anton


REKOMENDASI
TRENDING