Ingin Lanjutkan Kuliah S2, Ini Hambatan Terbesar Jessica Mila

Rabu, 31 Januari 2018 08:35 Penulis: Guntur Merdekawan
Ingin Lanjutkan Kuliah S2, Ini Hambatan Terbesar Jessica Mila Jessica Mila / Credit: KapanLagi - Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Akhir 2017 lalu, Jessica Mila lulus dari kuliah jurusan Bisnis Management dengan nilai IPK yang memuaskan. Padahal kala itu, wanita berusia 25 tahun ini sedang sibuk-sibuknya, mulai dari syuting sinetron dan layar lebar, hingga mengurusi bisnis.

Nah Mila tak lantas puas dengan predikat sarjana yang telah Ia dapatkan. Bintang sinetron Ganteng Ganteng Serigala itu ingin melanjutkan kuliah S2. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang jadi penghambat dan harus Ia pikirkan matang-matang.

"Kalau ditanya keinginan, aku penginnya S2 ya, tapi memang target awal aku kemaren adalah S1 dulu, setelah itu akan fokus di karier, karena karier di dunia entertain ini kan umur tuh sangat berpengaruh sekali, takutnya sayang kalau di umur yang sekarang masih bisa sangat produktif di dunia entertain ini dan aku harus nggak fokus karena aku ambil S2 dulu. Sedangkan untuk pendidikan sendiri menurut aku nggak mengenal waktu, aku bisa belajar kapanpun. Untuk sekarang sih aku lagi fokus di karier tapi jujur aku ingin untuk lanjut di S2 atau mungkin kalau nggak S2, ambil short course atau apapun itu yang bisa untuk belajar lagi lah," ujar Mila ketika ditemui di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Selasa (30/1).

Mila ingin lanjutkan S2 / Credit: KapanLagi - Bayu HerdiantoMila ingin lanjutkan S2 / Credit: KapanLagi - Bayu Herdianto

Jika memang suatu saat nanti bakal melanjutkan S2, Mila ingin kuliah di luar negeri. Untuk masalah jurusan, Ia bakal memilih masak, karena memang masih berhubungan dengan line bisnisnya, Solo Pluffy yang berjalan di bidang kuliner.

"Kalo aku S2 otomatis harus mengesampingkan kerjaan aku di dunia entertain dulu, karena yang aku pengen ngambil sekolahnya tuh di luar negeri. Iya kalau sekarang kan dari bisnis sudah ya, jadi ketika aku mau ambil pendidikan lagi, aku akan cari yang bener-bener bakal kepake di dunia kerja. Untuk sekarang sih aku pengen (jurusan) masak, karena kan sekarang bisnisnya juga udah di dunia kuliner, tapi memang bukan aku yang bener-bener fokus dalam masak dan bikin resep segala macemnya, tapi aku pengen banget bisa masak sendiri. Sebenernya masih banyak sih keinginan lainnya, tapi untuk sekarang yang kepikiran adalah itu," sambungnya.

Mila lalu memaparkan kendala terbesarnya ketika harus melanjutkan S2 saat ini. Ya, Ia ingin fokus pada karirnya terlebih dahulu sambil menabung untuk biaya kuliahnya nanti. Karena seperti diketahui, Mila saat ini harus menjadi tulang punggung keluarganya.

"(Penghambat) Selain waktu dan karier mungkin sebenernya kalau masalah biaya kalau dipaksain bisa aja, dari dulu sampe sekarang aku masih jadi tulang punggung keluarga juga, jadi kalo aku harus menempuh pendidikan yang aku mau, which is di luar negeri, pasti biayanya, living cost di sana besar. Selama di sana aku nggak bisa bekerja juga, harus punya tabungan yang cukup, memang harus dipikirkan baik-baik. Yang paling utama aku concern masalah pekerjaan, sayang kalau ditinggalin, misalnya 1 tahun aku nggak ambil kerjaan sama sekali, sedangkan ini umur nggak bisa kita ulang lagi, kalo S2 kita sampe umur berapa pun masih bisa. Jadi aku harus punya tabungan yang cukup juga. Jadi memang harus dipikirkan baik-baik. Gitu. Ya yang tadi masalah utama sih sebenarnya aku concern masalah kerjaan, sayang gitu kalau misalnya ditinggalin satu tahun gitu aku nggak ambil kerjaan sama sekali, sedangkan ini umur kayak nggak bisa diulang lagi ya. Kalau misalkan S2 kita sampai umur berapapun kita masih bisa," pungkas Mila.

(kpl/aal/gtr)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING