Ingin Seperti Jepang, Lukman Sardi Berharap Anak-Anak Disiapkan Hadapi Gempa

Rabu, 24 Januari 2018 14:49 Penulis: Ahmat Effendi
Ingin Seperti Jepang, Lukman Sardi Berharap Anak-Anak Disiapkan Hadapi Gempa Lukman Sardi cr: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Gempa sebesar 6,4 skala richter sempat mengguncang Jakarta dengan pusat di 81 km Barat Daya Lebak Banten pada tanggal 23 Januari 2018. Banyak selebriti yang juga terimbas gempa tersebut. Aktor Lukman Sardi ternyata tengah berada di luar rumah ketika Jakarta dilanda gempa.

"Pas mau jalan ke mobil tiba-tiba orang teriak gempa-gempa terus liat di jalan banyak banget orang dari kantor yang turun ke bawah. Yah ternyata lumayan cukup besar, tapi ini nggak kerasa, nggak kerasa apa-apa pas di mobil. Kalau dibilang panik apa nggak, siapa sih orang yang nggak panik? Gue juga mikirin keluarga gue, anak gue dll di rumah gimana," ujar Lukman Sardi di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (23/1/2018).

Satu hari setelah gempa yang cukup besar tersebut, gempa susulan sebesar 5,1 skala richter kembali melanda Lebak Banten dan Aceh. Karena Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki banyak gunung api, Lukman Sardi berharap ada simulasi bencana yang diberikan kepada anak-anak.

Lukman Sardi berharap ada persiapan bagi anak-anak untuk hadapi gempa. cr: KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaLukman Sardi berharap ada persiapan bagi anak-anak untuk hadapi gempa. cr: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Kita ada di negara yang dilalui oleh ring of fire, harusnya sih menurut gue setelah banyak hal dan kejadian, mungkin menurut orang oh nggak papa ko Jakarta. Tapi menurut gue kita harus prepare yah, kaya mulai sekolah-sekolah juga harus menyiapkan anak-anak sekolahnya kalau dalam keadaan gempa harus gimana. Itu yang menurut gue masih kurang di kita padahal kita di negara yang banyak gunung berapinya. Kalau di Jepang anak TK aja udah dipersiapin kalau memang terjadi gempa, itu yang menurut gue harus dipersiapin," tuturnya. 

Ketika Jakarta dilanda gempa, Lukman sempat menelepon keluarganya untuk memastikan tidak terjadi apa-apa dengan mereka. Selain itu Lukman juga berharap agar pemerintah memberikan solusi untuk menghadapi bencana yang sama.

"Menurut gue kaya sekolah-sekolah tuh harus wajib menerapkan sistem keamanan kalau sampai terjadi gempa. Mereka harus melakukan secara berkala dan itu tentunya dari pemerintah harus menginisiasi misal dari departrmen apa mereka datang berkunjung ke sekolah2 agar sekolah itu paham dan akhirnya melakukan sendiri secara berkala.

(kpl/far/sjw)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING