Jadi Duta Kanker Serviks, Sarwendah Teringat Mendiang Julia Perez

Minggu, 22 April 2018 14:31 Penulis: Tyssa Madelina
Jadi Duta Kanker Serviks, Sarwendah Teringat Mendiang Julia Perez Sarwendah © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Kepergian Julia Perez karena penyakit kanker yang ia idap memang meninggalkan duka yang mendalam, terutama bagi keluarga dan sahabat dekat. Hingga kini sosoknya masih terngiang di memori. Hal tersebut pun diakui oleh Sarwendah, lantaran berkat mandat dari mendiang Julia Perez, dirinya dan Ruben Onsu kini menjadi duta kanker serviks.

"Pastinya (teringat terus). Kenapa aku sama Ruben jadi duta kanker serviks ya karena kak Jupe juga. Tadinya kak Jupe yang seharusnya datang, tapi dia bilang sama Ruben, 'Kamu yang harus gantikan aku'. Akhirnya kita tergerak karena melihat perjuangan Jupe juga. Lihat wanita-wanita sekarang kan mereka anggap ini hal simpel padahal dari situ bisa jadi berbahaya," ujar Sarwendah, saat ditemui di Plaza Indonesia, Sabtu (21/4/2018)

Sarwendah memang gencar mempromosikan vaksin untuk kanker serviks belakangan ini. Kepeduliannya tersebut tak lepas dari dukungan mendiang Jupe saat masih hidup. Untuk itu, Sarwendah pun berpesan agar para wanita di luar sana lebih peduli dengan kesehatannya.

Sarwendah tergerak hatinya untuk mengedukasi wanita di sekitar berkat mendiang Jupe. © KapanLagi.com/Budy SantosoSarwendah tergerak hatinya untuk mengedukasi wanita di sekitar berkat mendiang Jupe. © KapanLagi.com/Budy Santoso

"Lebih baik mencegah ya, cek dulu. Aku sendiri sudah suntik cegah kanker serviks dua kali, harusnya kan 3 kali. Tapi pas yang kedua itu aku hamil dan nggak bisa lanjut suntik jadi setelah melahirkan aku lanjut suntik lagi," jelasnya.

Lebih lanjut, Sarwendah juga berharap agar wanita saat ini lebih teredukasi akan bahaya dari kanker serviks. Ia pun menghimbau bagi pasangan yang akan menikah agar tak malu cek kondisi kesehatan di dokter mau pun rumah sakit.

"Dulu aku sebelum nikah cek dulu, mungkin orang tabu melihatnya dikira hamil duluan ya? Kita harus cek karena sebelum jadi pasangan suami istri, kita ini nggak tahu di tubuh ada apa ya. Ya, semoga setelah ini semua wanita Indonesia lebih teredukasi dan sadar bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati," pungkasnya.

(kpl/far/tmd)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING