Kaka Slank Ungkap Keprihatinan Soal Kasus Penculikan Anak

Jum'at, 24 Maret 2017 10:54 Penulis: Agista Rully
Kaka Slank Ungkap Keprihatinan Soal Kasus Penculikan Anak © KapanLagi.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Kasus penculikan anak memang tengah marak terjadi. Di Indonesia sendiri setidaknya ada 100 kasus penculikan anak setiap tahun. Bahkan di Bandung, sepanjang September 2016 tercatat lima anak menjadi korban penculikan. Lantas apa yang perlu dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi tindak kriminal ini?

"Kayaknya kasus penculikan anak timbul tenggelam ya. Dulu pernah ada lalu organ korban diambil dan dijual ke black market." tanggap Kaka Slank saat dijumpai di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (21/03).

"Susah sih ya, perlindungan anak seharusnya bisa menjamin keamanan dan kesejahteraan." lanjut vokalis grup legendaris Slank tersebut. "Benteng pertama adalah keluarga, seharusnya orangtua yang harus melindungi anak-anak."

Pencegahan kasus penculikan anak merupakan tanggung jawab orang tua sebagai kerabat terdekat © KapanLagi.com/Bambang E RosPencegahan kasus penculikan anak merupakan tanggung jawab orang tua sebagai kerabat terdekat © KapanLagi.com/Bambang E Ros

Rupanya pernyataan Kaka Slank ini diamini oleh himbauan KPAI. Maraknya penculikan anak seringkali disebabkan oleh kelalaian orangtua dalam memantau kegiatan anak mereka. Untuk menanggulangi hal tersebut, orangtua dihimbau untuk mengontrol penggunaan sosial media bagi anak.

Sosial media sendiri disinyalir menjadi sebab utama maraknya kasus penculikan anak. Beberapa oknum penculik memanfaatkan sosial media untuk melancarkan aksinya. Selain itu, guru juga berperan penting untuk mengawasi tindak tanduk anak-anak di luar rumah.

Meski demikian Kaka juga menyayangkan bahwa kegiatan anak di luar kurang bisa terpantau dengan baik. "Masalahnya kalau udah di luar dan di jalanan, susah juga (orangtua mengontrol) kan?" tutupnya.

(kpl/far/agt)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING