Soal Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat, Kaka: Ulah Orang Lalai

Kamis, 23 Maret 2017 06:31 Penulis: Agista Rully
Soal Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat, Kaka: Ulah Orang Lalai © KapanLagi.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Isu kerusakan Raja Ampat yang disebabkan oleh kapal pesiar masih hangat diperbincangkan. Hancurnya terumbu karang ini sendiri disebabkan oleh sebuah kapal pesiar yang bertandang ke daerah Raja Ampat beberapa waktu lalu. Minimnya pengawasan terhadap biota laut menjadi kekhawatiran tersendiri bagi berbagai pihak. Apalagi terumbu karang Raja Ampat terkenal dengan keindahannya.

Sehubungan dengan kerusakan Raja Ampat, Kaka Slank unjuk bicara. "Orang lalai itu sih. Perusahaan kapalnya lalai. Tapi kan sudah diurus sama pemerintah, janji untuk ganti rugi." ujarnya saat ditemui di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (21/03).

"Tapi sebetulnya kerugian kita bukan materi tapi di regrowth-nya. Terumbu karang kan tumbuhnya lama banget, ratusan tahun hingga jadi seluas dan sebagus itu. Saya pernah diving di situ dan memang bagus." jelas vokalis yang dulu identik dengan rambut gimbal ini.

Kaka sangat menyayangkan kerusakan terumbu karang yang terjadi di Raja Ampat beberapa waktu lalu Š KapanLagi.com/Budy SantosoKaka sangat menyayangkan kerusakan terumbu karang yang terjadi di Raja Ampat beberapa waktu lalu Š KapanLagi.com/Budy Santoso

Kaka mengaku sangat menyayangkan tragedi kerusakan terumbu karang Raja Ampat yang menjadi wisata diving terbaik dunia ini. "Sangat disayangkan. Next time kapal pesiar yang gede banget harusnya engga bisa masuk situ. Kalaupun Indonesia atau Raja Ampat mau narik wisatawan pakai kapal Cruise, posisinya jangan sampai dalam nanti disambung pakai speedboat." tambah Kaka menyarankan solusi.

"Jadi kalau kita mau nutup diri ya engga salah juga. Kapal pesiar yang gede gitu seharusnya udah engga boleh masuk untuk mengelilingi pulau kecil. Seharusnya."

Mengenai masalah ini, Kaka sendiri membandingkan dengan kebijakan yang diberlakukan di bagian Indonesia lainnya. "Sama seperti di Labuan Bajo, Alor, Ternate. Kapal pesiar engga boleh masuk pulau kecil yang berada di antara Pulau Tidore dan Morotai." tutup Kaka.

(kpl/far/agt)

Editor:

Agista Rully


REKOMENDASI
TRENDING