Kali Ciliwung Simpan Kenangan Bagi Opie Kumis

Rabu, 12 Februari 2014 07:00 Penulis: Natalia Wijayanti
Kali Ciliwung Simpan Kenangan Bagi Opie Kumis Oppie Kumis Foto: Budy Susanto KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Kali Ciliwung yang disebut sebagai penyebab banjir di Jakarta ternyata menyimpan banyak cerita menarik bagi komedian Oppie Kumis. Menghabiskan masa kecil dan remaja di kawasan Cililitan Kecil 1, Jakarta Timur, Oppie mengaku sering mengarungi Kali Ciliwung dengan getek dari Bogor, Jawa Barat.

Ditemui di kediaman orang tuanya, di kawasan Cililitan Kecil 1, Jakarta Timur, Selasa (11/2), Oppie menceritakan perjalanan bersama teman-temannya mengarungi Kali Ciliwung dari Bogor sampai rumahnya yang berada tidak jauh dari rumahnya.

"Jadi gini, dulu waktu gue 16 tahun, gue sering naek truk dari Cililitan ke Bogor pagi-pagi. Trus sampe Bogor sana gue sama temen-temen itu naek getek dari sana sampe Kali Ciliwung deket rumah-rumah tuh maghrib," cerita Oppie.

Kali Ciliwung @darahseorangfilsuf.wordpress.comKali Ciliwung @darahseorangfilsuf.wordpress.com

Indahnya Kali Ciliwung dulu dan sekarang pasti sangat berbeda. Dilanjutkan Oppie, sepanjang perjalannya dari Bogor hingga Cililitan, sama sekali tidak ada bangunan yang berdiri di bantaran kali. Sekarang?Kali Ciliwung tidak lah indah bagi Oppie.

"Sepanjang jalan itu belom ada tuh rumah-rumah pinggir kali. Sekarang gue liat tiap 20 meter selalu ada rumah di pinggir kali. Perasaan dulu tuh gue nyebrang kali itu lebar banget, tapi sekarang kayanya udah sempit. Ga tahu lah kenapa," ungkapnya.

Banyaknya rumah yang berdiri di bantaran Ciliwung, lalu sampah yang berserakan bebas, membuat keindahan Ciliwung hilang. Ciliwung juga selalu disalahkan karena dianggap penyebab banjir di Jakarta. Lalu salah siapa? Oppie tak sepenuhnya menyalahkan Pemerintah Kota Jakarta ataupun Pemerintah Pusat. Menurut komedian yang identik dengan kumis tebalnya, kerja sama antara masyarakat Jakarta dan Pemerintah diperlukan untuk mengatasi banjir di Ibukota.

"Gini ya, kalau mau berpikir rileks, gue sih ga sepenuhnya nyalahin pemerintah. Mereka sih udah jalanin tugas. Kalau menurut gue, banyak tamu yang udah ga menghormati Jakarta. Banyak yang dari luar Jakarta dateng kesini malah bangun rumah sembarangan. Jadi semuanya memang harus kerja sama, antara pemerintah dan masyarakat," papar Oppie.

(kpl/pur/jay)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING