Kartolo: Memang Perlu Sutradara Untuk Ludruk Modern

Kamis, 29 Maret 2012 10:35 Penulis: Dewi Ratna
Kartolo: Memang Perlu Sutradara Untuk Ludruk Modern Kartolo @Foto: KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Ludruk Kartolo CS dalam lakonnya Sarip Tambak Oso dan Sawunggaling akan digelar di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Kamis - Jumat, 12 – 13 April 2012 Pukul 20.00 WIB mendatang. Pertunjukan ini juga diperkuat para seniman tradisi lainnya, di antaranya Ning Tini, Cak Sabil, Cak Wito, Cak Jamil, Cak Sapari, Cak Nurbuat, Ning Rohana, serta didukung para artis, Renny Djajusman, Khrisna Mukti, Ananta Kusuma, Uut Permatasari, Ratna Listy, dan belasan artis lainnya.

“Ini menjadi media ungkap di mana semua kegelisahan kreatif tertumpah. Pertunjukan ini menjadi representasi seni tradisi, seni rakyat. Melibatkan para seniman tradisi dan artis pop. Semua terkolaborasi menjadi ekspresi yang utuh. Memberi penyegaran dan merangsang masyarakat agar terus memelihara dinamikanya,” ujar Niken Puruhita, selaku Produser dari Etan Community.

Sebagai seni pertunjukan, kata Cak Kartolo, fungsi utama Ludruk memang hiburan bagi rakyat. Fungsi sebagai hiburan telah diimplementasikan dengan tampilnya para pelawak yang menyajikan berbagai lawakan khas yang komunikatif dan bertema lokal.

“Saya senang dapat terlibat di pergelaran Ludruk yang digagas Etan Community ini. Dengan maksud menjaga eksistensi kesenian tradisional, agar kesenian yang diciptakan nenek moyang kita dulu tetap terjaga dan memberi manfaat bagi masyarakat. Ludruk tidak hilang begitu saja. Sekarang memang diperlukan sutradara Ludruk modern. Setidaknya ada upaya mengangkat kesenian ini supaya tidak punah,” ujar Kartolo.

(kpl/adt/dew)

Editor:

Dewi Ratna


REKOMENDASI
TRENDING